Saturday, April 25, 2015

Surat Terbuka Anggun Cipta Sasmi Kepada Jokowi

Anggun C Sasmi - Beberap waktu lalu eksekusi hukuman mati kepada gembong narkoba Serge Atlaoui sudah diputuskan oleh pemerintah kita. Dan jelas hal ini menimbulkan reaksi pro dan kontra dari banyak pihak, salah satunya datang dari penyanyi ternama Anggun C Sasmi yang berusaha mengirimkan surat terbuka untuk Presiden Indonesia.

Dengan keputusan pemerintah RI yang seperti itu, Anggun merasa prihatin dan dianggap keputusan tersebut tidak manusiawi. Akhirnya Anggun mengirimkan surat terbuka kepada Bapak Jokowi yang diunggahnya lewat facebook, yang isinya antara lain agar Bapak Jokowi memberikan grasi kepada Serge Atlaoui.

Adapun alasan Anggun adalah hukuman mati tidak akan bisa menghentikan dan menyelesaikan masalah narkoba yang sudah mendarah daging di negeri ini. Namun sebaliknya, hal ini malah melanggar nilai-nilai kemanusiaan karena akan menyisakan duka kepada keluarga yang ditinggalkan.

Dibawah ini adalah petikan

Surat Terbuka Anggun C Sasmi Kepada Jokowi.

Surat Terbuka Anggun Cipta Sasmi Kepada Jokowi"Tentu saja saya sangat mengerti dampak negatif dari Narkoba terutama di Indonesia dan saya sangat setuju juga selalu mendukung pemberantasan Narkoba di dunia. Tetapi saya juga yakin bahwa hukuman mati bukan satu solusi untuk menurunkan tingkat kriminalitas atau untuk menjaga kita dari semua kejahatan. Hukuman mati menurut saya adalah kegagalan sisi kemanusiaan juga hilangnya nilai nilai hukum keadilan. Hukuman mati bukanlah keadilan, apapun penyebabnya. Saya amat dan sangat yakin untuk ini."

"Hukum yang diberikan terhadap Bapak Serge Atlaoui membangunkan emosi yang sangat dalam di Eropa, terutama di Perancis. Saya termasuk orang yang merasakan ini karena banyaknya sisi-sisi keruh yang akhirnya terlihat lebih jelas di dalam kasus pengadilan Bapak Serge Atlaoui, keraguan yang membuat keputusan hukuman mati menjadi tidak dimengerti karena banyaknya ketidaktentuan dalam kasus beliau. Selain itu saya pribadi yakin bahwa Bapak Serge Atlaoui tulus dan jujur."
Namun surat terbuka tersebut malah menuai banyak kritikan dari berbagai pihak. Banyak pihak yang malah menghujat Anggun dengan berbagai alasan. Salah satu pengguna facebook menuliskan bahwa surat ini ditulis oleh orang yang tidak memahami situasi dan masalah narkoba di Indonesia.

Netizen lainnya juga mengaitkan surat terbuka ini dengan aksi-aksi kekerasan yang menimpa dan dialami oleh para TKI dan TKW yang bekerja di luar negeri. Mereka menyayangkan kenapa Anggun malah membela gembong narkoba dari pada para TKI dan TKW yang banyak menerima siksaan di luar negeri.

Bagaimana dengan anda, apakah setuju dengan surat terbuka tersebut ?
Previous Post
Next Post

1 comment:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya