Wednesday, June 17, 2015

Menjelang Ramadhan 1436 H Tahun 2015

Ramadhan 2015 - Alhamdulillah masih bisa bertemu lagi dengan bulan ramadhan pada tahun ini. Sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan ramadhan kesibukan masyarakat  di daerah saya meningkat. Karena kebanyakan masyarakatnya masih kental dengan tradisi-tradisi budaya jawa. Kebetulan rumah saya dekat dengan pasar tradisional, yang sudah barang tentu setiap hari selalu melihat aktivitas-aktivitas masyarakat yang lalu lalang disekitar rumah. Mulai dari kalangan bawah sampai atas setiap menjelang bulan ramadhan pasti mempunyai kebutuhan yang sama.

Dan tradisi tersebut sangat berpengaruh kepada para penjual jasa atau makanan. Karena mereka akan mendapatkan omset lebih banyak dari pada hari-hari biasa. Beberapa kalangan yang mendapatkan penghasilan lebih di hari menjelang ramadhan 1436 H tersebut diantaranya :

Menjelang Puasa Ramadhan 1436 H

Angkutan Umum. 
Tradisi Menjelang Ramadhan 1436 H Tahun 2015
Mereka akan mendapatkan pendapatan yang meningkat karena masyarakat banyak yang pergi ke pasar pada hari menjelang ramadhan untuk membeli kebutuhan ramadhan.
Tukang Parkir.
Biasanya mereka akan menaikkan harga parkir sepeda motor yang biasanya Rp. 1000/motor, jika menjelang hari ramadhan bisa sampai Rp. 2000/motor.
Pedagang Makanan.
Hampir semua pedagang di pasar akan mendapatkan tambahan rejeki jika menjelang hari ramadhan. Karena bertambahnya kebutuhan masyarakat menjelang hari ramadhan.
Penjual Bunga.
Sudah jelas mereka akan memanfaatkan momen seperti ini, karena di lingkungan saya semua masyarakatnya masih kental dengan tradisi jawa yaitu pergi ke makam keluarga atau saudara untuk kirim do'a.
Penjual Petasan.
Menjadi kebiasaan kalau menjelang ramadhan para penjual petasan dadakan akan membuka lapak, bahkan ada yang sampai menyewa sebuah ruko hanya untuk menggelar dagangannya yaitu berbagai macam petasan.
Ada tiga tradisi yang masih dilakukan masyarakat disekitar saya yaitu
  • Pergi ke makam untuk kirim do'a kepada saudara yang sudah meninggal
  • Menyediakan sesajen (makanan, minuman dan kue) untuk keluarga yang sudah meninggal
  • Kenduri (selamatan)
Entah hal ini apakah bisa bertahan pada masa anak saya setelah dewasa mendatang atau hilang ditelan kemajuan jaman. Karena saya melihat anak-anak remaja dilingkungan sekitar kebanyakan sudah tidak peduli akan hal itu.

Sampai disini dulu corat-coret saya menjelang hari ramadhan (prepekan, jawa) ini. Semoga di bulan yang suci ini kita diberi kekuatan untuk menjalaninya satu bulan penuh tanpa bolong. Mungkin di lingkungan anda mempunyai tradisi yang berbeda, silahkan share pengalaman anda pada kotak komentar yang sudah disediakan. Atas nama seluruh crew laresawoo mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Jika ada sesuatu yang salah mohon dimaafkan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya