Saturday, October 31, 2015

Cara Menyimpan FIle Dalam Microsoft Word

Selamat malam sobat laresawoo. Dalam dunia komputer pasti tidak lepas dari yang namanya mengetik. Entah itu mengetik pada browser, mengetik username atau password, mengetik dalam microsoft word dan lain sebagainya. Kita ambil contoh mengetik dalam ms word, dalam sebuah lembar kerja ms word terdapat bermacam-macam tools yang dirancang untuk memudahkan kita dalam bekerja. Salah satunya adalah tombol untuk menyimpan atau save dokumen. Cara menyimpan file dalam microsoft word ada dua macam yaitu dengan cara SAVE dan SAVE AS.

SAVE. Untuk menyimpan file baru maupun file yang di edit ulang.
SAVE AS. Untuk menyimpan file baru dan untuk menyimpan file dengan isi yang sama tapi diberi nama berbeda.

Cara Menyimpan FIle Dalam Microsoft WordDalam melakukan SAVE atau SAVE AS akan muncul jendela baru untuk memberi nama file dan untuk memilih Type File. Type file sendiri dalam microsoft word ada 17 macam (kebetulan saya memakai Office 2010). Dan dari masing-masing type file tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.

Mungkin kita pernah mengalami kerusakan pada waktu membuka file dokumen, padahal isinya data-data yang sangat penting. Contohnya saya sendiri, sebelum mengetahui cara ini saya kalau mengetik sesuatu pada microsoft word tidak pernah melihat versi dari microsoft word tersebut. Jika mau menyimpan file langsung saja saya SAVE. Lalu ketika ingin membuka file tersebut di tempat lain, saya kaget karena file tersebut jadi acak-acakan formatnya. Setelah bertanya kesana-kemari akhirnya saya bisa menemukan solusinya. Pengen tahu caranya ? Langsung saja lihat penampakannya dibawah ini !

baca juga : Daftar Perintah Cepat Dalam Microsoft Word

Menyimpan File Dalam Microsoft Word

Jika data tersebut adalah data baru (baru buat / ketik) silahkan pakai SAVE saja. Tapi jika data tersebut data lama dengan format lama, buka terlebih dahulu lalu gunakan SAVE AS agar tidak ketumpuk file yang lama. Kemudian ganti SAVE AS TYPE menjadi "word 97-2003 Document (*.doc)".
Cara Menyimpan FIle Dalam Microsoft Word
 
Cara ini sudah saya coba pada microsoft word versi 2003 - 2013 dan hasilnya memuaskan. Kita bisa leluasa membuka dokumen dimanapun dengan versi microsoft word berapapun. Sampai disini dulu artikel singkat ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel-artikel menarik berikutnya. Salam.
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Ms word sih pegangan tiap hari mas..sudah seperti sahabat karib

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha betul banget mas . .. . saya malah sudah terbiasa mengetik dengan 11 jari wekekekekeke .. . .

      tapi dari pengalaman pribadi, anak2 jaman sekarang tidak paham dengan ms word, padahal SMP .. . . jangankan ms word, nyalain PC aja kadang2 ada yang gak bisa .... bener2 heran saya....

      terima kasih sudah tersesad di mari mas dwi sugiarto, salam blogger !!

      Delete
  2. baru tahu ternyata ada trik lain dalam menyimpan file di MW, akan saya cobakan menyimpan file penting dengan trik ini deh...makasih ilmunya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya cara ini hanya untuk antisipasi saja kok mas cilembu thea, jika sewaktu-waktu kita memakai ms word yang versinya tidak sama dengan punya kita.

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya