Tuesday, November 17, 2015

Menghaluskan Wajah Dengan Photoshop

Salam sejahtera sobat laresawoo. Malu ? Minder ? Susah ? Kalau saat ini sobat blogger punya wajah yang jerawatan atau ada bercak hitam bahkan mungkin sudah kelihatan kerutan-kerutan tipis yang menandakan usia sudah tidak muda lagi. Gampang kok cara mengatasinya, pergi saja ke dokter spesialis untuk mengatasi hal tersebut. Tapi dengan catatan harus mengeluarkan biaya yang lumayan menguras kantong. Namun ada juga kok dokter spesialis yang gratisan, pling cuma modal rokok sama kopi cangkir cukup. Dan dokter itu adalah photoshop, jika sobat blogger tidak menguasai program tersebut silahkan minta bantuan ke teman yang sudah menguasainya. Kalau mau belajar sendiri menghaluskan wajah dengan photoshop silahkan baca terus sampai habis artikel ini. Dijamin gak ribet caranya.

Profesional Skin RetouchingKalau bahasa gaulnya sih Skin Retouching, tapi saya mengenalnya dengan menghaluskan wajah. Banyak sekali cara untuk menghaluskan wajah, dari cara yang sederhana sampai dengan yang full ribet. Pada artikel ini saya akan memakai cara yang sangat sederhana tapi bisa menghasilkan efek yang luar biasa. Soalnya capek nulisnya kalau pakai cara yang ribet. Prinsip saya, kalau dengan cara yang sederhana hasilnya bisa bagus kenapa harus pakai cara yang muter sono muter sini. Dan saya yakin, buat sobat laresawoo yang masih awam dengan dunia edit foto bisa dengan mudah mengikuti cara ini. Penasaran ? okelah.... langsung saja cek TKP di bawah ini !

Cara Mudah Menghaluskan Wajah Dengan Photoshop

1. Buka foto yang yang mau di eksekusi
2. Lalu duplikat menggunakan Ctrl + j
Profesional Skin Retouching

2. Kemudian tekan Ctrl + i dan ubah Blending Option menjadi Vivid Light
Profesional Skin Retouching

3. Beri sedikit Gausian Blur (Filter > Blur > Gausian Blur) sampai pori-pori kulit kelihatan seperti dibawah ini
Profesional Skin Retouching

4. Lalu beri sedikit sentuhan High Pass (Filter > Other > High Pass). Usahakan jangan sampai kelihatan warna merah pada lubang hidung. Pada foto ini saya menggunakan Radius 20, dan setiap foto akan berbeda nilainya. Jadi silahkan disesuaikan.
Profesional Skin Retouching

5. Kemudian tambahkan layer masking (Layer > Layer Mask > Hide All). Nanti disebelah kanan Layer 1 akan muncul kotak hitam.
Profesional Skin Retouching

6. Saatnya beraksi. Pilih Brush Tool dengan warna Foreground Putih. Dan sapukan pada area wajah kecuali bibir, mata, rambut, alis dan lubang hidung. Kita bisa bermain-main dengan Opacity jika diperlukan. Dan hasilnya seperti dibawah ini.
Profesional Skin Retouching

7. Gampang kan ? Sekarang kita bisa menikmati wajah baru yang lebih kinclong. Kalau masih kurang puas, silahkan diberi efek pendukung lainnya seperti frame, bunga dan lain-lain.

Jika masih bingung memahami tulisan saya di atas, silahkan langsung saja simak videonya di bawah ini !

Dengan tehnik ini kita tidak perlu khawatir kehilangan teksture kulit. Sebenarnya ada cara instan dengan memanfaatkan plug-in photoshop, tetapi hasilnya saya rasa jauh lebih indah tehnik manual seperti di atas. Dan sekarang sobat blogger punya dokter spesialis kulit baru yaitu adobe photoshop. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya. Selamat berkreasi. Salam.
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Mau cantik gak perlu mahal
    yang penting mahir photoshop :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaahhaah. . . .tapi banyak yang menyalahgunakan hal ini ....
      banyak yang tertipu wajah-wajah cantik di sosial media ^^

      Delete
  2. mantap sekali mas tutorialnya, memang photoshop software yagn handal dalam memanipulasi foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas danis .. . . tapi saya cuma bisa ini aja >.<

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya