Sunday, November 8, 2015

Sardulo Nareswari : Grup Reyog Wanita Dari Desa Sawoo

Salam sejahtera sobat laresawoo. Beberapa waktu yang lalu para pecinta seni reyog dikejutkan dengan aksi pembakaran reyog di filipina. Yang mengakibatkan munculnya protes dari berbagai pihak atas kejadian tersebut terutama dari tempat kesenian reyog tersebut lahir yaitu Kota Reyog Ponorogo. Dan juga banyak netizen yang mengutuk perbuatan tersebut karena merasa terlalu berlebihan aksi pembakaran tersebut. Sampai saat ini pihak KJRI Davao dianggap masih belum memberikan klarifikasi yang jelas atas tindakan tersebut.

Sardulo Nareswari adalah grup reyog wanita dari ponorogo tepatnya dari desa sawoo, kecamaan sawoo, kabupaten ponorogo yang mungkin satu-satunya grup reyog yang semua anggotanya terdiri dari para wanita kecuali pengendang (penabuh kendang). Grup ini terbentuk beberapa bulan yang lalu dan di gawangi oleh Ani Suryaningsih yang kebetulan beliau adalah istri dari kepala desa sawoo.

Pada tanggal 5 November 2015 Sardulo Nareswari tampil perdana dalam acara menjelang pilgub di ponorogo sekaligus aksi protes sebagai dampak dari pembakaran reyog di filipina beberapa waktu yang lalu. Persiapan yang dilakukan grup reyog wanita ini terbilang cukup singkat, karena hanya satu bulan mereka para ibu-ibu pkk melakukan latihan. Tetapi hasilnya sangat memuaskan, hal ini bisa dilihat dari sorak-sorai para penonton yang menyaksikan pentas perdana grup reyog wanita sardulo nareswari ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Titis yang menjadi pelatih sekaligus pembarong (pembawa dadak merak), dia sangat kagum dengan antusias dan semangat para ibu-ibu pkk ini untuk mewujudkan grup reyog wanita satu-satunya di ponorogo atau bahkan satu-satunya grup reyog wanita di dunia. Karena hanya dengan waktu satu bulan ibu-ibu pkk ini bisa menyerap apa yang dia ajarkan. 

jangan lewatkan : Fenomena Malam 1 Suro

Darah seni yang ada pada Titis selaku pelatih reyog grup ini mungkin sudah keturunan dari almarhum ayahnya Tutut Supriyono (Jarot) yang dulu merupakan salah satu pentolan dalam seni reyog yang ada di desa Sawoo. Titis masih tegolong muda karena baru saja lulus dari Universitas Negeri Malang jurusan Seni dan Musik, dan kebetulan dia adalah sepupu saya. 

Nah, katanya informasi tanpa bukti foto dibilang HOAX. Berikut ini beberapa foto pentas perdana Grup Reyog Sardulo Nareswari yang bertempat di depan rumah Kamituwo sebelah barat rumah saya.
Sardulo Nareswari Grup Reyog Wanita Dari Desa Sawoo

Sardulo Nareswari Grup Reyog Wanita Dari Desa Sawoo

Sardulo Nareswari Grup Reyog Wanita Dari Desa Sawoo

Sardulo Nareswari Grup Reyog Wanita Dari Desa Sawoo



Ini dia vidionya :p

Harapan saya grup ini bisa terus eksis kedepannya dan bukan eksis untuk kalangan tertentu saja. Semoga dengan lahirnya Grup Reyog Wanita Sardulo Narewari ini bisa menjadi inspirasi bagi grup-grup reyog lainnya dimanapun berada. Salam Bumi Reyog.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya