Tuesday, December 8, 2015

Tanda Tanda Kerusakan Pada Mikrotik RB 750

Salam sejahtera sobat laresawoo. Setelah pada artikel sebelumnya saya membahas tentang tanda-tanda adanya kerusakan pada bullet-2, pada artikel ini saya akan membahas tentang indikasi adanya kerusakan pada Rb 750 yang berfungsi sebagai pengatur aliran bandwith baik itu untuk jaringan lokal (LAN) maupun jaringan Hotspot. Pada artikel sebelumnya sudah saya tulis beberapa alat yang mengalami tanda-tanda kerusakan yang terdapat dalam jaringan internet saya. Jika anda belum membacanya silahkan menuju link di bawah ini.


RB 750 ini pada jaringan internet saya dilewati oleh beberapa kabel yang menuju pada jaringan lokal (LAN) saya dan jaringan Wifi. RB 750 mempunyai 5 Port, namun saya hanya menggunakan 3 Port saja karena memang kebutuhan saya cuma 3 port. Kembali ke topik masalah, setelah bullet-2 yang trouble sekarang RB 750 saya juga ikutan sakit. 

Tanda Tanda Kerusakan Pada Mikrotik RB 750Awalnya sih saya tidak sadar kalau masalah ini datangnya dari alat saya. Saya kira troublenya jaringan internet ini memang dari pusat ISP yang saya pakai sekarang ini. Kemudian saya komplain ke kantor menanyakan kenapa jaringan internet ke tempat saya sering putus. Dari kantor menjelaskan bahwa Router RB 750 saya tidak bisa di akses dari pusat. Lalu saya langsung menuju router tersebut untuk melihat lampu indikatornya (biasanya kalau tidak bisa di akses berarti alat tersebut mati). Ternyata semua lampu indikator pada RB 750 nyala semua. Sayapun telpon lagi ke kantor ISP, ternyata mereka menjawab router saya itu mengalami Hang alias macet (seperti pada komputer atau laptop) dan menyuruh saya untuk melakukan Hard Booting yaitu dengan cara mencabut dan memasang lagi stop kontak listriknya.

Setelah melakukan itu router kembali berjalan seperti biasanya, namun kira-kira 1 jam router tersebut macet lagi. Dan sayapun melakukan hard booting, begitu seterusnya. Sampai-sampai saya tidak bisa melakukan pekerjaan lainnya (menulis artikel atau desain) gara-gara harus monitoring jalannya router tersebut pada komputer dan sekali-kali melakukan try and error. Akhirnya saya bisa mengatasi masalah macetnya router RB 750 tersebut. Dan hasil dari analisa saya sebagai berikut !

Indikasi Mikrotik RB 750 Mulai Rusak

  1. CPU Load sering mencapai 100% dan diikuti dengan macetnya RB 750 alias hang.
  2. Sering booting sendiri
Penyebabnya
  1. Usia RB 750 sudah  lama 
  2. Terlalu berat kinerja RB 750
  3. Terlalu banyak script yang terpasang, baik itu script yang masih berfungsi maupun tidak
Pertolongan sementara
  • Hapus script yang tidak terpakai atau mengurangi script yang terpasang pada RB 750
  • Jika anda memakai beberapa proxy, disable beberapa proxy tersebut dan lakukan monitoring secara berkala. Kalau memang diperlukan hapus semua setingan proxy yang ada.
  • Jika cara di atas belum juga berhasil mengatasi masalah Overload CPU, maka silahkan menuju ke toko komputer tersekat dan membeli alat yang baru.
Pada kasus di atas, saya memakai proxy untuk youtube. Setelah saya matikan alhamdulillah sampai sekarang RB 750 bisa berjalan normal, meskipun kadang-kadang masih sering overload juga. Paling tidak frekwensi CPU Load 100% pada RB 750 tidak sesering pada waktu proxy youtube saya aktifkan.

Semoga contoh kasus yang saya alami di atas bisa dijadikan referensi bagi anda yang saat ini sedang atau akan menggunakan Mikrotik RB 750. Paling tidak masalah yang saya alami bisa dijadikan acuan kedepannya. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya. Salam. Baca juga : Cara Setting Tp-Link WA5210G Sebagai AP Client Router
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. mas, koneksi di wargame saya sering putus2, jedanya sekitar 30 menitan, putus sebentar kemudian konek lagi, apa ini mikrotiknya yg rusak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas #find me ...

      kalau kasusnya seperti itu saya tidak bisa men-gudge mikrotiknya yg rusak mas, karena masalah putus2 / rto2 tersebut penyebabnya bnyak sekali....

      1. Memang mikrotik sudah rusak
      2. Gangguan masal
      3. Kabel UTP putus nyambung
      4. IP crash
      5. ISP/indomie nya bermasalah

      mungkin saya cma bisa memberi saran saja yaitu langsung saja hubungi penyedia jasa layanan internetnya mas dulu dan tanyakan baik2 trouble yang sedang mas find me alami.

      CMIIW

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya