Wednesday, December 16, 2015

Tutorial Membuat Model Taplak Meja Dengan Cinema 4D

Salam sejahtera sobat laresawoo. Bagi saya, membuat sebuah model atau bahasa planetnya modelling merupakan salah satu tantangan tersendiri yang akan memberikan ilmu dan pengalaman baru dalam dunia 3D. Sebenarnya banyak sekali model-model 3D yang ditawarkan secara gratis oleh website-website tertentu yang berkompeten dibidangnya. Tapi kadang-kadang model dan bentuk yang ditawarkan tidak sesuai dengan imajinasi kita, maklum kan gratisan. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi anda yang sanggup untuk membeli model-model tersebut dengan beberapa receh dollar. Karena dimana-mana yang namanya gratisan pasti punya keterbatasan dalam segi apapun. Bagi anda yang saat ini atau punya imajinasi untuk membuat sebuah taplak meja dan mencari yang yang gratisan tidak ada yang cocok, mungkin tidak ada salahnya untuk mengikuti tutorial membuat taplak meja di bawah ini.

Tablecloth tutorial using cinema 4DMembuat model 3d sebuah taplak meja menurut saya ada dua macam cara, yaitu cara yang biasa (flat) dan dengan cara yang lebih realistis. Kalau untuk cara yang biasa, kita hanya butuh material dan sedikit merubah ukuran agar pas dengan model meja anda. Sedangkan untuk cara yang lebih realistis, anda memerlukan sedikit tambahan efek agar bisa menghasilkan bentuk dan model yang paling tidak mendekati realistis. Namun efek saja tidak menjamin model 3D yang anda buat bisa menjadi lebih hidup, karena elemen-elemen pendukung lainnya harus mendukung. Okelah, langsung saya simak langkah-langkahnya di bawah ini !

Cara Membuat Model Taplak Meja Menggunakan Cinema 4D 

1. Buka Cinema 4D (versi berapa aja)
2. Siapkan model meja (balok juga bisa tanpa harus dimodel dulu / ambil dari stok model bawaan cinema 4D juga bisa)
3. Buat sebuah Plane, atur panjang lebar sesuai keinginan / sesuai bentuk meja. Dan taruh di atas meja seperti pada gambar.
Tablecloth tutorial using cinema 4D

4. Ubah Plane menjadi Editable (tekan C)

baca juga : Tutorial Membuat Animasi Bendera Menggunakan Cloth Pada Cinema 4D

5. Tambahkan Cloth Collider pada meja atau balok dan tambahkan Cloth pada plane
Tablecloth tutorial using cinema 4D

6. Lalu tekan tombol Play dan Stop sesuai keinginan anda
Tablecloth tutorial using cinema 4D

7. Jika dirasa dengan setingan default kurang realistis, silahkan anda ubah setingan yang ada pada Cloth bagian Tag dan Force (klik gambar baju di sebelah kanan Plane)
Tablecloth tutorial using cinema 4D

8. Langkah terakhir tambahkan material Fabric agar tampilan taplak meja lebih realistis lalu Render dan Save.
Tablecloth tutorial using cinema 4D

Jika masih bingung dengan tutorial yang saya tulis di atas, mungkin dengan melihat vidio di bawah ini anda bisa lebih mudah memahaminya.

Tablecloth Tutorial Cinema 4D


Seperti pada vidio di atas, cara ini tidak hanya bisa dipakai untuk membuat taplak meja saja melainkan bisa diaplikasikan ke dalam bentuk yang lain. Jika dengan melihat vidio tersebut anda masih juga bingung, silahkan tulis pertanyaan pada kolom yang sudah disediakan di bawah atau langsung pada komentar di vidio tersebut. Sampai jumpa pada tutorial menarik selanjutnya. Salam.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya