Wednesday, March 9, 2016

Fenomena Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Fenomena Gerhana Matahari 9 Maret 2016Salam sejahtera sobat laresawoo. Hari ini adalah hari dimana matahari terhalang oleh bulan yang disebut dengan gerhana matahari. Meskipun di indonesia tidak semua mengalami gerhana matahari total, namun hampir semua masyarakat mengalami fenomena tersebut. Yang terjadi kira-kira pagi tadi pukul 07.50 WIB. Kebetulan di daerah saya tidak mengalami gerhana matahari total, jadi hanya sebagian saja matahari yang tertutup bulan dan berlangsung kurang lebih selama 2 menit. Namun gerhana matahari hari ini mengakibatkan fenomena yang saya rasa tidak masuk akal. Karena pasar desa yang biasanya ramai pengunjung dan pedagang, hari ini benar-benar sepi. Dan saya masih belum menemukan alasan mereka (para pedagang) tidak membuka lapak di pasar, padahal hari ini tanggal merah dan bertepatan dengan hari raya nyepi tahun 2016.

Gerhana Matahari Di Ponorogo Tahun 2016

Dan akhirnya saya (sebagai orang desa) mengambil kesimpulan bahwa sepinya pasar yang ada di depan rumah ini terjadi karena mereka (pedagang) masih mempercayai adat-istiadat jaman dahulu. Dimana pada masa kecil, ketika ada gerhana matahari atau gerhana bulan pasti beberapa masyarakat melakukan ritual-ritual yang dianggap sebagai tolak balak atas terjadinya fenomena tersebut. Salah satu ritual atau tradisi itu adalah dengan memukul kentongan. Karena menurut mereka dengan memukul kentongan, gerhana matahari atau gerhana bulan akan cepat selesai. Sebab fenomena gerhana matahari atau gerhana bulan terjadi gara-gara ada raksasa (buto, jawa red) yang memakan matahari atau bulan tersebut. Dan dengan memukul kentongan tersebut raksasa jadi ketakutan dan cepat-cepat memuntahkan matahari atau bulan yang dimakannya. Dan cerita ini benar-benar masih saya ingat betul.


Dengan sepinya pasar depan rumah, mungkin mereka masih percaya dengan tradisi tersebut. Depan rumah yang biasanya macet dan banyak angkutan umum lalu lalang, hari ini benar-benar lengang. Hanya ada beberapa saja yang mungkin sudah tidak peduli dengan tradisi tersebut atau mungkin juga mereka tidak tahu hal itu. Dan dibawah ini penampakannya
Fenomena Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Kalau hari biasa, jalan raya pada gambar di atas dipenuhi mobil angkutan parkir untuk mencari penumpang yang pulang dari pasar. Dan hari ini bisa anda lihat sendiri seperti gambar di atas, benar-benar sepi.


Sekian artikel pendek tentang fenomena gerhana matahari di ponorogo yang bisa saya tulis. Mungkin anda mengalami hal yang serupa atau pengalaman lain dampak dari gerhana matahari hari ini, silahkan di share lewat kolom komentar jika berkenan. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya