Monday, April 25, 2016

Review Singkat Tentang Tp-Link TL-WA7210N

Salam sejahtera sobat laresawoo. Setelah beberapa waktu saya melakukan monitoring untuk perangkat internet out door produk TP-LINK TL-WA7210N, akhirnya perasaan saya jadi lega. Karena sebelumnya saya sempat mendapatkan informasi bahwa tp-link tl-wa7210n memiliki beberapa kekurangan yang pada saat itu saya belum merasakannya. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan monitoring kinerja perangkat tersebut selama hampir satu bulan. Dan baru 3 hari yang lalu saya bisa memutuskan bahwa perangkat tp-link tl-wa7210n ini memiliki kekurangan yang sangat vital (menurut saya). Sebelum saya melakukan monitoring, saya masih menganggap isu tersebut tidak benar dan hanya pendapat orang iri saja. Namun hari ini saya memberanikan diri untuk memutuskan dan menulisnya di blog kecil ini tentang kebenaran isu tersebut.

Review Singkat Tentang Tp-Link TL-WA7210NAwalnya saya menggunakan perangkat ini pada akhir tahun lalu. Sampai dengan bulan Februari tahun 2016 ini saya masih belum melihat ada tanda-tanda negatif yang muncul pada perangkat tersebut. Kira-kira bulan Maret 2016 saya mendengar isu bahwa produk tp-link tl-wa7210n memiliki banyak kekurangan, namun saya abaikan isu tersebut karena memang belum ada tanda-tanda itu benar terjadi pada perangkat saya. Kemudian kira-kira dua minggu yang lalu saya memberanikan diri untuk membeli perangkat ini dan rencana saya akan dipasang pada client berjarak kurang lebih 150m dari BTS. Sebelumnya perangkat yang pertama saya pasang pada client yang berjarak kurang lebih 1.4 kilometer. 

Kekurangan Tp-Link TL-WA7210N

Kemudian saya pasang tp-link tl-wa7210n yang baru tersebut dengan jarak 150m. Dari situ saya baru sadar bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan alat ini, silahkan perhatikan tabel dibawah ini !

Review Singkat Tentang Tp-Link TL-WA7210N
tabel 1

Pada tabel diatas ada dua alat yang di BTS yaitu V-NET dan V-NET 2. Pada V-NET tertulis 27db dan V-NET 2 35db. Dari kedua SSID tersebut yang sinyalnya masih asli adalah di V-NET 2 sedangkan pada V-NET itu sudah mengalami penurunan alias drop. Sedangkan posisi perangkat tp-link tl-wa7210n saat ini terkoneksi dengan SSID V-NET, dan sinyal sebenarnya yang didapat dari SSID V-NET kurang lebih 40db. Namun setelah saya konek hasilnya sinyal drop sekitar 10-14db, hal ini berlaku juga pada SSID V-NET 2 yang pada tabel diatas tertulis 35db. Jika saya merubah koneksi ke V-NET 2 maka yang terjadi adalah sinyal drop menjadi kurang lebih 15db. Padahal jarak dari BTS hanya 150m kurang lebih, lalu bagaimana dengan perangkat tp-link tl-wa7210n saya yang pertama ? Silahkan simak pada tabel dibawah ini !

Review Singkat Tentang Tp-Link TL-WA7210N
tabel 2

Pada tabel 2 diatas SSID V-NET menghasilkan sinyal 11db sedangkan V-NET 2 menghasilkan sinyal 24db. Dan dari kedua SSID tersebut yang masih asli adalah sinyal pada V-NET 2 karena pada saat ini posisi perangkat terkoneksi dengan SSID V-NET yang mengalami penurunan sinyal sebesar kurang lebih 14db. Jika saya mencoba menyambungkan perangkat ini ke SSID V-NET 2 maka yang terjadi adalah sama, yaitu sinyal mengalami penurunan. Dan perangkat ini berjarak kurang lebih 1.4 kilometer dari BTS. 
Dan kedua perangkat ini mempunyai setingan sama yaitu Operation Mode berada pada posisi AP Client Router. Untuk lebih jelasnya tentang Operation Mode yang bisa stabil digunakan pada tp-link tl-wa7210n ini disa anda lihat pada tabel berikut !

Review Singkat Tentang Tp-Link TL-WA7210N
keterangan :
1. Lingkaran HIJAU : Tidak Stabil
2. Lingkaran MERAH : Stabil

Untuk saat ini saya hanya mencoba 4 macam Operation Mode tersebut, dan hasilnya 3 tidak stabil dan 1 yang bisa stabil. Dan dari percobaan yang sudah saya lakukan diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa :

Tp-Link TL-WA7210N hanya bisa dipakai untuk ACCESS POINT

Jadi intinya, perangkat ini tidak cocok jika dipakai untuk penangkap sinyal dan untuk saat ini saya hanya bisa merekomendasikan perangkat ini hanya bagus jika dipakai untuk menyebarkan sinyal alias pemancar hotspot.

jangan lewatkan : Tp-Link TL-WA801ND Sebagai AP

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan tentang tp-link tl-wa7210n, dan ini tidak saya dapatkan hanya mengandalkan informasi yang ada namun ini benar-benar saya alami dan masih berjalan sampai saat ini. Karena kedua contoh diatas adalah adalah client hotspot saya. Jika ada keterangan atau penjelasan yang sekiranya salah saya mohon maaf dan silahkan membenarkannya lewat kolom komentar yang sudah disediakan dibawah. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

37 comments:

  1. Gan..sebelumnya saya ada rencana untuk beli produk TL-WA7210N ini..tapi begitu baca review agan..saya jadi HOLD dulu..karena memang saya pernah mencoba yang seri WA5210 dan hasilnya memang bener..begitu Survey 25dB..begitu connect turun cuma jadi 7 dB..signifikan banget..
    jadi mohon infonya gan..sekiranya pengganti produk TL-WA7210N ini merek apa ya yang bagus?? rencana saya mau nembak Wifi jarak 150M..menggunakan menu AP Client Router WISP..terimakasih gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dimboy...

      maaf mas dimboy, selama saya pakai WA5210 belum pernah mengalami drop sinyal seperti yang mas tuliskan diatas. Jadi yang punya kasus drop itu sementara hanya pada WA7210.

      Untuk alternatif lain, mas Dimboy bisa beli TP-LINK WA5210G atau produknya mikrotik SXT-2nDr2 atau bisa juga produknya Tenda yaitu TENDA 03.

      Silahkan di googling sendiri spesifikasi alat tersebut diatas, untuk kisaran harga ketiga alat tersebut tidak beda jauh, antara 500 - 700rb.

      Semoga berkenan dengan penjelasan saya. Salam

      Delete
  2. fan, kl buat point to point kida-kira stabil gak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas #Nasir

      untuk 7210 bagi saya pribadi sangat tidak disarankan untuk disetting sebgai penerima mas, kcuali jarak antar titik hanya 500m

      CMIIW

      Delete
  3. sangat membantu gan rencana sy cuma mau memancarkan sinyal hotspot aja kira- sampai brpa meter jangkauannya untuk tl-wa7210n

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas +dhany agus

      Untuk coverage area hotspot, menurut saya pribadi maksimal 100m. Dan jangkauan segini buat alat sekelas 7210 sudah sangat bagus sekali

      CMIIW

      Delete
  4. Beneran nih gan sinyalnya sampe drop gitu ? soalnya saya ada rencana buat beli WA7210n untuk nangkep sinyal wifi 250meteran

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas @sandy genderwo...

      Kalau untuk jarak segitu saya rasa masih mampu mas . . . tapi itu juga tergantung AP Pusatnya punya power besar atau tidak. Kalau masih ragu2 lebih baik beli SXT Lite2 yg OS 3, harga ditempat saya 700an

      Delete
  5. mas sy pakai indihome 10mb pakai router ZTE 609 dan sy ada punya tp link WA7210N, sy mau menyebarkan sinyal wifi sy supaya jauh dgn tp link tsbt, gimana cara setting nya ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas @jambi berasap asap

      Pada Operation Mode 7210 pilih ACCESS POINT
      Bagian NETWORK, sesuaikan dengan IP Modemnya mas

      CMIWW

      Delete
  6. wah. padahal saya rencana beli milik teman saya .. pending dah.. ganti ke tenda O3.. kalo tenda O3 ada reviewnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas @thedy saputra...

      Maaf, untuk tenda 03 sampai saat ini saya masih belum berani untuk mencobanya......
      Lebih baik ganti sxt yg OS 3

      CMIIW

      Delete
  7. punya saran ga boss buat nembak wifi id jarak 250m thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. pke tp link 7210 saya rasa masih mampu .. . .

      CMIIW

      Delete
  8. Mas,
    Saya barusan beli 2 WA7210. Rencananya untuk point to point 350meter. Tapi yang aneh, ketika AP saya letakan lebih tinggi dari atap rumah, sinyalnya tiba2 hilang. Namun jika lebih rendah dari atap rumah, sinyalnya muncul lagi. Kira2;kenapa ya?. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fariz hakka. ...

      Untuk PTP menurut saya ada perlakuan khusus mas, seperti : sudut harus sama, ketinggian harus sama dsb. Beda dengan PTMP, karena setingan PTP & PTMP berbeda.

      CMIIW

      Delete
  9. terima kasih... info blog ini membantu... sekalian konsult... jaringan wifi indihome, jarak sekitar 700m. jika saya tangkap sarannya pakai alat apa? atau dari pusat harus ditambah AP atau cukup bawaan dari indihome? sarannya jika pakai AP tambahan pakai merek apa? saya berada di daerah jambi bagian barat, kab. tebo, rimbo bujang. saya cek di toko harga tl 7210n 700 ribuan. bermaksud mengembangkan jaringan internet antar rumah, pakai aplikasi apakah? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas @masenu ..... terima kasih sudah tersesad dimari

      Untuk mengembangkan jaringan internet RT/RW ada dua macam sistem...
      1. Iseng (biaya murah)
      2. Serius (jelas lebih mahal)

      Silahkan pilih salah satu dan reply dibawah mas, jika saya jelaskan 1 - 1 panjang nantinya

      Semoga berkenan....
      SALAM

      Delete
    2. Iseng disini saya artikan, hanya sebagai bisnis sampingan yang tidak memerlukan management dan monitoring secara berkala.

      Untuk jarak 700m Pusat dan Client harus ada alat tambahan outdoor untuk memancarkan dan menerima.

      Untuk memancarkan 7210 saya rasa masih mampu kalau hanya sekedar iseng.

      Sedangkan untuk penerima (client) lebih baik pakai SXT Lite2 (produk mikrotik) atau CPE 210/220 (produk tp-link). Karena 7210 jika bertindak sebagai penerima kurang bagus.

      Disamping itu, jika Client berencana untuk menyebar lagi.... maka diperlukan alat tambahan lagi (indoor/outdoor) tergantung rencana yang dibuat.

      Kalau sekedar iseng, alat2 tersebut sudah cukup. Jika memang serius maka semua alat diatas harus ganti + ada tambahan alat lagi untuk Client. (saya asumsikan PUSAT sudah siap segalanya)


      CMIIW

      Delete
  10. Jadi Produk yang paling cocok untuk menangkap wifi agar jangkauan nya luas yang mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @radi eka

      Kalau alat untuk menerima (penangkap) sinyal 7210 pun bisa ...asal jarak tidak lebih dari 1KM.

      Kalau alat untuk menyebarkan wifi (hampir semua alat) jangkauannya (radius) sama.

      Jika mau alat indoor yang high end, silahkan pakai UNIFI-LR (radius wifi up to 150m)


      CMIIW

      Delete
    2. mlm gan..
      mau tanya nih.
      kebetulan sekitar 500-600meter dari rumah saya ada wifi id
      dan yang pasti tidak LOS.
      kira2 kalau mau menangkap sinyal wifi id tersebut pakai apa ya?

      terimakasih sebelumnya.

      Delete
    3. @sobatgaul

      Untuk jarak segitu, apalagi wifi id ....
      paling tidak untuk menangkap sinyal harus memakai perangkat outdoor (minimal CPE 210)

      CMIIW

      Delete
  11. Skemanya begini gan... Pemancar memakai tp link wa7210n (jarak 150m dan terhalang pohon dan bangunan) penerima menggunakan router indor 2 antena 5dbi... Apakah akan sukses gan... Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rio Dwi Setiana

      Maaf gan Rio ....
      Saya tidak bisa memastikan baik buruknya sinyal, karena skema yang gan Rio tulis masih ada yang kurang . . . .(berpa banyak pohon/bangunan & tinggi pemancar).

      ...Sebagai gambaran, tower 20m (alat omni+bulet2) .. .. ditangkap dengan alat indoor dengan jarak 160m (posisi alat diluar ruangan)....sinyal masih stabil.

      Kondisi loss (paling cuma terhalang genteng)

      CMIIW

      Delete
  12. Omni itu antena outdoor kah gan...
    antena indor 10dbi di sambung kabel rp-sma ekstensi female to male 9 meter... Kabel antena 9 meter akan mempengaruhi kuat sinyal ndak gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rio dwi setiana

      Untuk antena indoor ditarik kluar saya belum pernah coba mas. . . . tapi menurut saya tetap tidak maksimal, karena fungsi antena sendiri sebagai alat mengeluarkan sinyal. Dan untuk mendorong kuat lemahnya sinyal tergantung dari power alatnya mas.

      Omni antena outdoor dengan polarisasi 360 derajat, kalau memang budget tidak mencukupi...bisa pakai antena omni tp-link yang 15db.
      Kalau budget sedang, bisa ambil Omni Veza (OEM nya omni hyperlink).

      CMIIW

      Delete
  13. gan saya make tplink 7210 + antena grid tplink 2424b jika survey wifi.id psti lah gede 27db tp setelah konek nurun jd 9db tp tetep konek kyk siput speed nya. jarak wifi.id sktar 2 km, saran agan kasus sepeti saya AP nya bagus nya diganti merk n tipe apa yah biar ga mubajir antena grid nya di ganti apa ya 7210 tersebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @buka bukaan

      Untuk masalah AP tergantung budged gan . . . sebenarnya untuk jarak segitu sudah tidak layak menggunakan tplink gan.

      Saran saya, pake sxtlite2 atau airgrid 16db aja cukup. Tapi memang untuk harga diatas 7210

      CMIIW

      Delete
  14. Mas saya mau tanyak kenapa tp link 7210 Saya sllu tidak konek/tersambung sedangan sinyal nya full,cuman jarak 20 m dari wifi hondpot

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah tersebut banyak sekali yang harus di lihat...
      saya tidak bisa menjelaskannya secara detail disini...
      Banyak yang harus di cek soalnya . . .

      Delete
  15. Mas, sy ada pasang dan pakai tp link 7210n, sdh beberapa bln Berjalan bagus, tp 2 bln terakhir ini, sinyalnya hilang dari jam 6 pagi sampe jam 10 mlm, setelah itu ada sinyalnya, begitu terus setiap hari, sy menangkap sinyal WiFi id...mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @unknown

      kemungkinan itu sengaja disetting begitu dari pihak sananya

      Salam

      Delete
  16. mas gan kalo CPE210 gimna ya? soalnya saya mau coba tembak wifi.id jarak 200m thx

    ReplyDelete
  17. tl wa7210n adalah router outdoor yang memungkinkan menghasilkan pancaran yang sangat kuat... sehingga tidak diperuntukan untuk langsung di hubungkan ke device seperti laptop atau hp ...... bila tetap dipaksa untuk langsung dihubungkan maka device tersebuat akan mengalami beberapa gangguan,seperti tidak stabilnya koneksi , gangguan jaringan , sampai tidak bisa di pakai untuk internet secara sementara.... bahkan secara tidak sadar bisa mengalami keruskan di device tersebut, maka dari itu disarankan untuk menghubungkan router wa7210n ke router indoor terlebih dahulu,baru di sambungkan ke hp atau laptop... karena router indoor memang di rancang untuk di sambung kan ke hp atau laptop

    sekedar saran saja gan

    ReplyDelete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers