Friday, May 29, 2015

Jalan-Jalan Ke Telaga Ngebel

Telaga Ngebel Ponorogo - Terletak kurang lebih 24km di sebelah timur Kota Ponorogo. Merupakan salah satu tempat wisata alami yang ada di Kota Ponorogo. Dengan ketinggian kurang lebih 750m diatas permukaan laut. Menjadikan Telaga Ngebel mempunyai udara yang sejuk bahkan menuju ke dingin, karena suhu udara disana bisa mencapai 22 derajat celcius.

Untuk jalur menuju ke Telaga Ngebel yang dari Ponorogo memang tidak terlalu bagus, tapi untuk saat ini masih layak untuk dilalui. Sekitar 2 tahun yang lalu hampir 1 minggu sekali pasti saya jalan-jalan kesana bersama sang pacar, itupun hanya naik sepada motor. He-he-he... Dan terakhir kali saya ke Telaga Ngebel yaitu pada tahun baru 2014 kemaren. Waktu itu masih musim penghujan. Berhubung berangkat kesiangan, sampai di Telaga Ngebel sudah tidak bisa menemukan tempat yang pas untuk bulan madu.

Dengan berat hati, saya hanya mengitari Telaga yang waktu itu benar-benar macet total. Karena ratusan atau bahkan ada kali 1000 orang yang berwisata ke tempat itu. Padahal jalan yang mengitari telaga hanya sepanjang 5km, tapi saya tempuh mungkin kira-kira 2 jam gara-gara macet.

Tips Wisata Ke Telaga Ngebel

  1. Usahakan berwisata pada musim kemarau
  2. Bulan yang tepat untuk ke Telaga Ngebel adalah antara Maret sampai Mei
  3. Siapkan pakaian hangat jika ingin menginap
Kalau kita menelusuri asal mula danau ini, kita akan di hadapkan pada cerita Legenda Baru Klinting. Yaitu seekor Ular Naga yang merupakan jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin. Pada waktu itu sang patih sedang bermeditasi dan berubah wujud menjadi seekor ular naga. Namun dengan tidak sengaja, ada warga desa yang menemukan ular tersebut dan membawanya ke desa.

Sampai di desa, warga desa berniat menjadikan ular naga tersebut sebagai makanan. Namun sebelum hal itu terjadi ular naga tersebut berubah menjadi seorang anak kecil yang kemudian mendatangi para warga untuk membuat sayembara.

Bocah tersebut kemudian menancapkan sebatang lidi di tanah, dan menyuruh para warga untuk menyabutnya. Namun tak satupun dari warga desa yang sanggup untuk menyabut lidi itu dari tanah. Akhirnya anak kecil tersebutlah yang berhasil mencabutnya. Dan dari tanah bekas lidi tadi menancap keluarlah air yang kemudian menjadi sebuah mata air. Semakin lama semakin besar dan membentuk sebuah telaga. Lalu oleh warga desa setempat telaga itu diberi nama Telaga Ngebel yang artinya telaga yang mengeluarkan bau menyengat.

Disamping itu, telaga ngebel juga punya peranan penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Salah seorang pendiri Kabupaten Ponorogo yaitu Batoro Katong sebelum melakukan syiar agama Islam di Ponorogo, beliau menyucikan diri di mata air yang terletak di dekat Telaga Ngebel. Dan kini dikenal dengan sebutan Kucur Batoro.
Jalan-Jalan Ke Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Diatas adalah sedikit cerita mengenai asal-usul Telaga Ngebel. Terlepas dari cerita tersebut, Telaga Ngebel terkenal dengan Nila Bakarnya dan buah Durian. Seperti yang sudah saya tulis pada tips wisata ke telaga ngebel diatas. Untuk bisa menikmati lezatnya buah durian lokal, anda harus datang ke telaga ngebel antara bulan Maret sampai Mei. Karena setelah bulan itu sudah bukan musimnya buah durian.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Telaga Ngebel, dibawah ini ada sedikit petunjuk arah buatan saya sendiri.
Jalan-Jalan Ke Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya