Tuesday, November 3, 2015

Cara Sederhana Membersihkan CPU Komputer

Salam sejahtera sobat laresawoo. Layaknya seorang manusia, sebuah komputer juga memerlukan perawatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun kadang-kadang kita malas untuk membongkar CPU komputer. Padahal dalam sebulan saja debu dan kotoran yang ada di dalam CPU saya pastikan sudah sangat banyak. Apalagi jika sampai berbulan-bulan komputer tidak pernah dibersihkan dan hanya dibersihkan kalau ada kerusakan yang mengharuskan kita untuk membawa komputer tersebut ke tukang servis. Padahal cara membersihkan komputer sangat sederhana. Seperti kata pepatah "lebih baik mencegah daripada mengobati", lebih baik kita bersihkan komputer sebulan sekali daripada terjadi kerusakan hardware.

Dalam membersihkan komputer yang dibutuhkan adalah keberanian bukan keahlian. Keberanian untuk membongkar dan membersihkan semua yang ada di dalam CPU. Jika kita takut untuk melakukan pekerjaan yang kita tidak bisa atau belum pernah lakukan sebelumnya, maka selamanya kita tidak akan pernah bisa dan mengerti. Sebagai contoh teman saya yang sekarang membuka usaha dalam bidang komputer di Papua. Dia menghabiskan 4 unit komputer untuk belajar bongkar pasang perangkat yang ada di dalam CPU. Karena dia sudah punya semboyan "kalau kita tidak berani mencobanya maka kita selamanya tidak akan pernah bisa". Mungkin disana tidak ada yang membimbing, jadi banyak korban komputer berjatuhan. He-he-he

Cara Sederhana Membersihkan CPU KomputerPada kesempatan ini saya mencoba memberikan cara sederhana membersihkan komputer dari debu atau kotoran lainnya. Cara ini murni dari apa yang selalu saya lakukan dalam membersihkan komputer. Dulu saya juga tidak cukup mempunyai keberanian untuk membongkar komponen-komponen yang ada di dalam CPU. Dan dengan modal nekad, sekarang saya bisa untuk bongkar pasang komputer. Sebelum mulai membersihkan komputer, alangkah baiknya kita siapkan alat-alat yang dibutuhkan di bawah ini !
  • Obeng
  • Kuas
  • Penghapus
  • Thermal (opsional)
  • Blower (opsional)
Setelah semua alat sudah disiapkan, saatnya kita beraksi !!

Cara Membersihkan CPU Komputer

  1. Buka penutup CPU kanan dan kiri. Hati-hati pada waktu melepas penutup CPU bagian kiri, karena kebanyakan ada kipas pendingin yang nempel disitu dan kabelnya terhubung dengan Power Supply.
  2. Lepaskan kabel yang menuju pada tombol power, restart. Lakukan hal sama untuk kabel yang menuju ke lampu led, jack audio depan, USB depan.
  3. Lepaskan juga kabel yang menuju ke Hard Disk, CD-ROOM, kipas pendingin yang ada pada penutup CPU kiri, Floppy-Disk.
  4. Lepaskan kabel dari Power Supply yang menuju ke Motherboad (ada dua macam, 4 pin dan 24 pin).
  5. Lepaskan VGA, Sound Card dan LAN Card dari Motherboard jika memang ada.
  6. Lalu lepaskan beberapa baut yang mengunci Motherboard pada CPU kemudian tarik pelan-pelan Motherboard keluar dari dalam CPU.
  7. Lepaskan RAM yang ada pada Motherboard dengan cara menarik dua pengait yang ada pada ujung RAM.
  8. Lalu lepaskan kipas yang menempel pada pendingin aluminum dan lepaskan juga socket kipas yang menancap pada motherboard.
  9. Tarik tuas pengunci pendingin aluminium untuk melepaskan pendingin tersebut jika memang diperlukan.

Saatnya bersih-bersih komputer !

  1. Bersihkan dengan kuas atau blower bagian-bagian motherboard, baik itu depan maupun belakang.
  2. Bersihkan juga elemen kuningan yang ada pada VGA, Sound Card, LAN Card dan RAM dengan cara menggosoknya pakai penghapus pensil.
  3. Jangan lupa bersihkan juga kipas, hard disk, cd-room dan elemen-elemen kecil lainnya menggunakan kuas atau blower.
  4. Tambahkan Thermal pada bagian atas Prosesor dan bagian bawah pendingin aluminium jika memang diperlukan (thermal berbentuk seperti lem warna putih susu).
  5. Setelah semuanya dirasa sudah bersih, silahkan pasang kembali elemen-elemen yang menempel pada motherboard maupun CPU.

Dengan melakukan hal tersebut di atas, saya yakin komputer akan awet dan tahan lama. Karena sudah terbukti pada komputer saya yang sampai detik ini sudah menemani saya  lebih dari 5 tahun dan tidak ada hardware yang rusak, kecuali baterai CMOS yang perlu diganti karena habis.

Semoga dengan adanya artikel ini sobat blogger bisa membersihkan komputer sendiri tanpa harus keluar biaya untuk pergi ke tukang servis. Intinya, tanpa mencoba kita tidak akan pernah tahu. Sampai jumpa pada artikel-artikel menarik selanjutnya. Selamat mencoba. Salam.
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. saya biasanya membersihan PC cuma lepas kasing sama RAM :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo memang frekwensi bersih2nya tidak lama ya gpp mbak chiisana sekai, tp pada saatnya nanti bersih2 total wajib dilakukan :D

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya