Wednesday, November 4, 2015

Panduan Lengkap Cara Merakit Komputer

Salam sejahtera sobat laresawoo. Komputer menurut saya dibedakan menjadi dua macam, yaitu komputer built-up dan komputer rakitan. Sebenarnya intinya sih sama saja yang merakit juga manusia, tapi biasanya untuk komputer jenis built-up yang membuat langsung dari pabrik yang menjadi brand komputer tersebut dan dijual dalam satu paket tidak bisa dipisah-pisah. Kalau komputer rakitan yang membuat ya kita sendiri atau mereka yang sudah paham cara merakit komputer tanpa ada naungan brand tertentu dan komponen-komponennya bisa dibeli secara terpisah.

Panduan Lengkap Cara Merakit KomputerPada kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang komputer built-up tetapi akan memberikan panduan lengkap untuk merakit komputer. Sebelum kita merakit komputer, kita harus mengerti dan paham komponen-komponen komputer yang bisa support satu sama yang lain. Karena belum tentu prosesor A bisa berjalan lancar digabung dengan motherboard B. Jadi yang terpenting adalah kita pahami dulu jenis dan macamnya komponen-komponen yang ada di dalam CPU. Silahkan simak daftar komponen yang diperlukan  di bawah ini !

Cara Merakit Komputer Sederhana

  1. Casing
  2. Motherboard
  3. Proccesor
  4. Hard Disk
  5. RAM
  6. VGA (opsional)
  7. Sound Card (opsional)
  8. CD/DVD-ROOM (opsional)
  9. Floppy-Disk (opsional)
Sebelum memulai merakit komputer, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa saja yang ada di dalam casing.
Panduan Lengkap Cara Merakit Komputer
Keterangan!
  1. Power Supply. Berfungsi untuk mengirimkan daya listrik ke motherboard, hard disk, cd/dvd-room, floppy disk, dan kipas.
  2. Tempat memasang CD/DVD-ROOM.
  3. Tempat memasang Motherboard.
  4. Tempat memasang Floppy-Disk.
  5. Tempat memasang Hard Disk.
Setelah kita melihat gambar di atas, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah

MEMASANG MOTHERBOARD. Di dalam casing biasanya sudah terpasang bebepara titik lubang untuk mengunci motherboard dengan baut. Jadi kita tinggal menempel motherboard pada casing dan membautnya.

MEMASANG CD/DVD-ROOM. Buka dulu penutup pada bagian depan casing yang sejajar dengan tempat cd/dvd-room. Kalau dibalik penutup tersebut ada penghalang (seng/plastik) silahkan dipatahkan saja seperti kita mematahkan kartu GSM baru. Setelah itu masukkan cd/dvd-room dari arah depan sampai rata lalu di baut dari kiri atau kanan.

MEMASANG FLOPPY-DISK. Caranya sama seperti memasang cd/dvd-room. (untuk saat ini sudah jarang yang memakai floppy-disk).

MEMASANG HARD DISK. Silahkan lihat nomer 5 pada gambar di atas. Pada area itu terdapat beberapa slot untuk memasang hard disk, silahkan pilih salah satu. Lalu dibaut dari kiri atau kanan.

Setelah semuanya sudah terpasang, silahkan pasang KABEL POWER dari POWER SUPPLY ke komponen yang sudah terpasang tadi. Ada 2 macam model kabel power yaitu ATA dan SATA, silahkan disesuaikan.
Panduan Lengkap Cara Merakit Komputer
Kemudian barulah kita memasang komponen-komponen yang melekat pada motherboard. Perhatikan gambar di bawah ini!
Panduan Lengkap Cara Merakit Komputer
Keterangan!
  1. Socket 4 Pin.
  2. Slot VGA
  3. Slot Sound Card
  4. Slot USB Depan
  5. Slot Power, Restat, LED, Speaker
  6. Slot DATA (model SATA)
  7. Slot RAM
  8. Socket 24 Pin
  9. Socket Kipas Prosesor
  10. Prosesor
Setelah lihat gambar di atas, saatnya kita memasang komponen-komponen yang diperlukan !
MEMASANG PROSESOR. Pemasangan prosesor diperlukan ketelitian dan harus hati-hati, karena pin yang ada pada bagian bawah prosesor sangat rawan bengkok. Jadi sebelum memasangnya, perhatikan baik-baik pola yang ada pada slot prosesor. Kemudian letakkan prosesor tepat diatasnya dengan pola yang sejajar dengan slot prosesor. Jangan lupa untuk membuka kunci prosesor dengan cara menariknya ke atas.

MEMASANG PENDINGIN DAN KIPAS PROSESOR. Pertama kita pasang dulu pendingin prosesor yang terlebih dahulu diberi Thermal pada bagian bawahnya, lalu kunci dengan pengait yang sudah disediakan. Setelah itu kita pasang kipas diatas pendingin tersebut dengan cara membautnya. Lalu hubungkan kabel power yang ada pada kipas tersebut ke socket pada gambar di atas.

MEMASANG MEMORI / RAM. Pasang RAM dengan cara menekannya sampai terdengar bunyi "klik" lalu kaitkan pengunci yang ada pada bagian ujung Slot RAM tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan pola yang ada pada RAM dan Slot RAM.

MEMASANG VGA. Sebelum memasang VGA kita perlu membuka penutup yang ada pada belakang casing dan cari yang sejajar dengan slot VGA.

MEMASANG SOUND CARD. Caranya sama dengan memasang VGA.

MEMASANG USB DEPAN. Terdapat 2 atau lebih slot usb, pilih 2 diantaranya.

MEMASANG POWER, RESTART, LED, SPEAKER. Lihar nomer 5 pada gambar di atas, pada bagian itu ada beberapa slot yang sudah ada namanya. Lalu pasang kabel power, restart, led dan speaker sesuaikan dengan nama yang sudah tertulis pada slot tersebut.

MEMASANG PIN 24. Dari power supply ada kabel yang berisi 24 pin, tancapkan pada nomer 8 seperti pada gambar. Jangan lupa perhatikan arahnya.

MEMASANG PIN 4. Selain pin 24, dari power supply juga ada kabel dengan 4 pin. Tancapkan kabel tersebut seperti nomer 1 pada gambar di atas.

Setelah ssemuanya sudah terpasang dengan baik, saatnya kita pasang kabel DATA yang menghubungkan cd/dvd-room, hard disk dan floppy-disk dengan motherboard menggunakan kabel SATA. Terdapat beberapa slot Data pada motherboard, pilih sesuai kebutuhan (nomer 6).

Langkah terakhir yaitu menghubungkan power supply dengan listrik, lalu silahkan coba untuk menekan tombol power pada bagian depan casing. Jika terdengar bunyi "bib" satu kali berarti kita sukses merakit sebuah komputer. Sebenarnya sangat gampang untuk memasang komponen-komponen tersebut, karena didalam motherboard sudah ada tulisan-tulisan yang jelas. Kalau kita tidak berani mencoba, kapan kita akan bisa.

Semoga langkah-langkah yang saya tulis diatas tidak ada yang salah atau terlewatkan. Jika memang ada silahkan dikoreksi dengan memberi komentar pada kotak yang sudah disediakan. Selamat mencoba. Salam.
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. Panduan yang sangat menarik Mas...
    Cocok bagi para blogger yang ingin merakit sebuah PC Komputer... :D

    ReplyDelete
  2. semoga begitu mas dedy...
    semua kalau niat pasti bisa hehehe....
    terim kasih sudah mampir....

    ReplyDelete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya