Sunday, February 28, 2016

Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Bullet Series

Salam sejahtera sobat laresawoo. Hampir 2 bulan saya tidak update artikel, karena ada beberapa urusan design yang menyita banyak waktu. Meskipun sampai sekarang masih belum selesai 100% tapi sudah bisa ditinggal untuk menulis artikel. Setelah beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas tentang tanda-tanda kerusakan pada bullet-2, dan kali ini saya akan berbagi cara untuk melihat tanda-tanda kerusakan tidak hanya pada bullet-2 saja tetapi untuk semua keluarga bullet atau bullet series. Meskipun begitu cara ini harus dipadukan dengan cara yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Silahkan klik tautan dibawah ini untuk membaca artikel tersebut !


Sebelum melakukan cara ini, perlu menjadi catatan bahwa alat tersebut harus masih bisa diakses (tidak matot). Karena langkah ini mengharuskan kita untuk masuk ke menu interface dari alat tersebut. langsung saja simak caranya dibawah ini !

Tanda Kerusakan Pada Bullet Series

1. Silahkan masuk ke interface alat tersebut
Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Bullet Series

2. Pada bagian Extra Info klik panah kecil lalu pilih Show Station
Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Bullet Series

3. Kemudian muncul pop up yang menunjukkan berapa banyak jaringan yang terhubung pada alat tersebut dan indikator yang muncul hanya MAC ADDRESS saja.
Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Bullet Series

4. Perhatikan pada bagian TX / RX. Jika pada salah satu jaringan ada TX/RX yang menunjukkan nilai 1M berarti alat tersebut kemungkinan sudah mengalami penurunan performa atau kerusakan. Lihat tanda merah di gambar ini !
Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Bullet Series

Pada gambar di atas ada beberapa jaringan yang menunjukkan nilai 1M pada TX / RX, meskipun Signal yang dihasilkan bisa dibilang bagus akan tetapi jika TX / RX menunjukkan nilai 1M berarti alat ini perlu dioptimasi.

Untuk melakukan optimasi pada cara ini hanya ada satu cara yaitu dengan merubah Frekwensi Channel pada alat tersebut sampai semua TX / RX pada jaringan yang ada tidak lagi menunjukkan nilai 1M. Jika dengan cara ini masih ada jaringan yang TX / RX menunjukkan nilai 1M berarti memang alat ini butuh peremajaan. Jika masih bingung untuk merubah frekwensi channel pada alat tersebut, silahkan perhatikan gambar di bawah !

  • Pada interface alat ini silahkan pilih bagian Wireless, lalu pada bagian Channel klik tanda panah kecil dan silahkan coba satu-persatu frekwensi channel yang ada dan yang jelas harus support dengan alat tersebut.
Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan Pada Bullet Series
** Hati-hati, ada beberapa frekwensi channel yang tidak support dengan Wifi Laptop atau Smartphone.

Mungkin cara ini sudah banyak orang yang tahu, namun saya sengaja mengulasnya untuk para pemain baru dalam dunia jaringan yang masih belum paham dengan alat bullet series ini. Semoga apa yang saya tulis di atas bisa bermanfaat bagi kita semua, jika ada keterangan atau penjelasan yang salah saya mohon maaf dan silahkan dikoreksi lewat kolom komentar yang sudah disediakan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya