Monday, February 29, 2016

Mengetahui Kekuatan Sinyal Radio Wireless 1

Mengetahui Kekuatan Sinyal Radio Wireless 1Salam sejahtera sobat laresawoo. Sebagai penyedia layanan jasa koneksi internet menggunakan sistem wireless, tentunya kita harus memahami beberapa alat yang sering kita gunakan untuk mengirim/menerima/memancarkan jaringan internet. Jika kita tidak memahami alat-alat tersebut maka dampaknya akan dirasakan oleh client bahkan kita sendiri. Karena kita tidak bisa memprediksi alat mana yang harus dibeli, jika alat yang kita beli tersebut pas dengan kondisi di lapangan maka kita beruntung. Tetapi jika alat tersebut tidak cocok dengan kondisi di lapangan, maka kita dan pelanggan yang akan rugi. Meskipun kita tidak bisa memahami semua alat yang ada, akan tetapi paling tidak kita pahami saja beberapa merek dari alat tersebut. Jika kita memang bisa memahami semua merek dari alat yang ada, maka itu merupakan suatu nilai tambah buat kita sendiri.

Bagaimana dengan saya ? Kalau untuk saat ini saya masih bermain di dua produk yaitu ubiquity dan tp-link. Karena di daerah saya susah sekali mendapatkan alat-alat untuk keperluan jaringan internet. Mungkin anda masih bingung dengan judul yang saya pasang pada artikel ini. Judul di atas maksudnya adalah saya akan memberikan gambaran sinyal yang akan dihasilkan oleh alat tertentu dengan jarak tertentu. Jadi artikel ini bertujuan untuk mempermudah memilih perangkat yang akan digunakan untuk keperluan jaringan internet,  dan apa yang saya tulis nanti semuanya sudah saya coba dan sampai saat ini masih aktif. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja lihat tabel yang ada dibawah ini !

Mengetahui Jarak Dan Sinyal Radio Wireless

TP-LINK 2.4GHz
TIPE
MODE
JARAK MAX
KONDISI
SINYAL
TL-WA5110G
Repeater
400m
Los
16db
TL-WA701ND
Repeater
100m
Los
18db
TL-WA5210G
Penerima
725m
Los
19db
TL-WA7210N
Penerima
1400m
Sedikit Halangan
19db
UBIQUITY 2.4GHz
TIPE
MODE
JARAK MAX
KONDISI
SINYAL
AirGrid
M2HP 16dB
Penerima
2200m
Sedikit Halangan
-83db
AirGrid
M2HP 20dB
Penerima
2000m
Sedikit Halangan
-86db
Bullet2 + Grid
23db
Penerima
5500m
Los
-72db

CATATAN : semua alat di atas mengambil sinyal wireless pada alat Bullet2 + Omni Tp-Link 15db dengan ketinggian tower 20m

Dan untuk saat ini saya masih bermain di frekwensi 2.4GHz karena kebetulan di daerah saya masih belum ramai jaringan wireless, tetapi tidak menutup kemungkinan pada saatnya nanti saya akan bermain di frekwensi 5.8GHz juga.

Pada tabel di atas saya hanya menulis jarak terjauh pada masing-masing alat dan saat ini yang masih berjalan. Jadi tabel di atas bisa dijadikan acuan dengan melihat pada jarak, kondisi, alat pemancar dan jangan lupa interferensi frekwensi di daerah anda.

jangan lewatkan : Membangun Usaha Bisnis RT/RW Net

Semoga tabel di atas bisa bermanfaat buat para pemain baru maupun lama yang belum pernah memakai produk tersebut. Dan sinyal yang ada pada tabel tersebut hanya sebagai acuan, paling tidak kita bisa tahu kebutuhan alat yang akan dipasang pada jarak tertentu. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. bos bagus mana penggunaan airgrid atau ap indoor (dibungkus box) plus antena grid?
    oh ia kalau airgrid itu udah ada anti petirnya g ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas @candra5...

      menurut saya...sekali lagi menurut saya...
      AP indoor slain tplink 5110 ga ada yang punya power besar, jadi lebih baik pakai airgrid mas....

      Dan sampai sekarang yang pernah saya jumpai mungkin 1:10 yang memakai AP indoor + grid sebagai pemancar/penerima...

      Untuk airgrid kayaknya blum include anti petir mas...

      Tapi semua tergantung mas candra5, silahkan mencari referensi dari tempat lain mengenai AP indoor + grid tersebut

      CMIIW

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers