Saturday, May 30, 2015

Cara Gampang Mengganti Favicon Di Blogspot

Merubah Gambar Favicon - Hampir 3 tahun saya bermain-main dengan blog, tapi baru sekarang sadar kalau ternyata favicon bisa diganti. Mungkin ada diantara anda yang masih bingung apa itu favicon, favicon adalah gambar kecil yang ada di depan nama blog / web / artikel yang kita buka. Kalau blog kita ikut dengan blogspot maka tampilan iconnya berupa huruf B warna dasar orange. Jika blog kita ikut dengan wordpress maka tampilan iconnya berupa huruf W dengan warna dasar biru.

Apa sih bedanya icon diganti dan tidak ? Menurut saya perbedaannya jika kita punya beberapa blog dengan hosting yang sama (blogspot / wordpress) dan menyimpan alamat-alamat blog tersebut pada browser handphone, maka akan berjejer huruf B atau W dan yang membedakannya hanya namanya blog saja. Saya kemaren sebenarnya sempet bingung, karena semua blog saya simpan alamatnya di uc browser dan yang muncul hanya nama blog dan berjejer icon B yang menandakan kalau blog saya semua ikut dengan blogspot.

Jika anda punya 5 blog misalnya dan masing-masing masih belum diganti iconnya, pasti kelihatan monoton dan tidak bervariasi. Kalau anda sudah mengganti icon setiap blog, selain menambah variasi juga akan mempercepat anda memilihnya dengan hanya melihat iconnya saja. Seperti blog ini, sebelum saya menulis artikel ini icon yang berada di depan tulisan OREKOREK masih icon punya blogspot. Kemudian saya ganti seperti yang sekarang anda lihat. Icon tersebut merupakan inisial dari blog ini yaitu L dan S. 

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengganti favicon tersebut. Tapi yang berhasil saya terapkan pada blog ini cuma 1 yaitu dengan menambahkan satu baris kode HTML ke dalam template blog. Jika berminat mengganti favicon blog anda, caranya sangat gampang. Silahkan ikuti langkahnya di bawah ini :
Cara Gampang Mengganti Logo Favicon Di Blogspot

Mengganti Logo Favicon Di Blog

  1. Siapkan gambar yang mau dijadikan logo dengan ukuran tidak lebih dari 100KB dan harus berbentuk segi empat.
  2. Upload gambar tersebut, bisa di blog anda sendiri atau di tempat upload gratisan yang lain
  3. Login ke akun blog anda
  4. Pilih bagian Template dan klik Edit HTML
  5. Cari kode </head> dengan menggunakan CTRL+F
  6. Lalu copy kode di bawah ini dan paste tepat diatas kode </head>
<link href='URL GAMBAR ANDA' rel='icon' type='image/gif'/>

Keterangan : ganti URL GAMBAR ANDA dengan gambar yang telah anda upload tadi. Lalu simpan template anda.

Sekarang coba lihat apakah icon B atau W yang ada di depan nama blog atau artikel anda sudah berubah atau belum. Jika belum, ada kemungkinan ukuran gambar yang anda upload terlalu besar. Jika icon sudah ganti dengan gambar anda berarti anda telah sukses. Saya rasa cukup simple dan sederhana. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers