Sunday, November 15, 2015

Bingung Dengan Alexa Rank Akhir-Akhir ini ?

Salam sejahtera sobat laresawoo. Sebagian blogger akan menganggap alexa rank itu sangat penting, dan ada juga yang menganggap alexa rank itu biasa saja atau bahkan tidak peduli akan hal itu. Akhir-akhir ini saya sempat dibuat bingung dengan alexa rank blog ini. Karena seperti pengalaman-pengalaman kemaren, cara sederhana untuk merampingkan alexa rank adalah dengan membuka blog kita sendiri setiap hari. Untuk lebih jelasnya tentang cara merampingkan alexa rank silahkan berkunjung ke 


Kembali tentang kebingungan saya dengan alexa rank. Dengan aktifitas saya di blog ini, saya yakin alexa rank akan cepat ramping. Karena selain setiap hari saya buka blog ini, artikel-artikel juga selalu saya update. Awalnya biasa saja dengan angka alexa yang masih 5 jutaan karena yakin dengan optimasi yang saya lakukan angka tersebut bakalan cepat turun atau ramping. Setelah lebih dari satu minggu saya baru curiga, karena penurunan alexa rank pada blog ini tidak signifikan alias sangat kecil sekali.

Kemudian saya mulai serius melakukan pengamatan pada nilai alexa ini. Dan hasilnya ternyata sama saja, meskipun saya update artikel setiap hari dan juga melakukan blogwalking tetapi perubahan angka pada alexa tidak seperti biasanya. Lalu saya coba masuk ke webnya alexa, disana juga tertulis angka yang sama. Kemudian saya berfikir, mungkin memang lagi banyak kompetitor atau alexa lagi berbenah.

Rutinitas update artikel dan blogwalking tetap saya lakukan, dan membawa saya pada salah satu blog yang membahas tentang perubahan sistem di blogspot. Yang sebelumnya blogspot.com sekarang landing page diarahkan ke blogspot.co.id. Dari sini saya mulai berfikir, apakah alexa 99% membaca blogspot.co.id dan bukan blogspot.com ?

Kemudian saya klik widget alexa yang ada dibagian footer blog ini, dan disana angka yang tertulis masih sama dengan yang ada di blog ini. Lalu saya mencoba mencari blog ini pada mesin pencari alexa yang ada di kanan atas dengan menuliskan "laresawoo.blogspot.co.id", Jreeennnnggg....... angka yang muncul sangat berbeda dengan yang ada pada blog ini. Disitu tertulis alexa rank sudah 4 jutaan, berarti benar bahwa alexa membaca blogspot lebih banyak yang .co.id dari pada yang .com.

Akhirnya saya lega dan langsung menuju ke tata letak blog ini untuk mengganti laresawoo.blogspot.com menjadi laresawoo.blogspot.co.id pada script alexa. Bagi sobat blogger yang mengalami kasus seperti saya, mungkin bisa dicoba cara ini untuk mengetahui alexa rank yang benar yang mana.

Kesimpulan
Sistem redirect yang terjadi pada blogspot berpengaruh pada alexa rank dan mungkin juga dengan widget-widget yang lain.

Sampai disini dulu artikel tentang kebingungan saya ini, semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya. Salam.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers