Sunday, May 15, 2016

4 Cara Membuka Proteksi Microsoft Excel

Salam sejahtera sobat laresawoo. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, ada beberapa program komputer ikut berkembang juga. Pada tahun '90 an saya pernah mengikuti kursus komputer yang merupakan bagian dari salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Waktu itu saya mengambil Paket 1 yang isinya adalah ITC, WS dan LOTUS. Dengan berkembangnya ide-ide kreatif dari mereka yang terkait dengan program tersebut, maka WS dan LOTUS sekarang berubah menjadi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Namun pada artikel kali ini saya hanya membahas tentang sesuatu yang ada kaitannya dengan microsoft excel yaitu Membuka Proteksi Sheet Pada Excel. Karena sempat beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah file Excel yang hanya bisa di lihat dan di print tanpa bisa di edit ulang isinya. Hal ini mungkin disengaja oleh si pembuat file tersebut yang bertujuan agar isi dari file itu tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

4 Cara Membuka Proteksi Microsoft ExcelNamun waktu itu saya memang harus merubah beberapa isi file tersebut agar cocok dengan data yang ada. Akhirnya saya dibuat pusing dengan data tersebut, karena dari dulu saya sudah tidak begitu suka dengan yang namanya LOTUS/EXCEL. Tapi mau tidak mau saya harus bisa mencari cara agar dokumen tersebut bisa di edit. Dengan modal nekad, sayapun memberanikan diri untuk bertanya kepada guru saya yaitu mbah google. He-he-he .....
Dan hasilnya pun tidak mengecawakan, hanya dengan beberapa langkah saja dokumen itu bisa saya edit sesuka hati. Mungkin diantara anda saat ini mengalam hal yang sama dengan saya ? Silahkan simak baik-baik caranya dibawah ini !


Membuka Proteksi Sheet Pada Microsoft Excel

1. Tekan ALT + F11 pada sheet yang terproteksi dan akan muncul tampilan seperti ini
4 Cara Membuka Proteksi Microsoft Excel

2. Lalu tekan Insert kemudian pilih Module
4 Cara Membuka Proteksi Microsoft Excel
3. Kemudian Copy kode dibawah ini dan Paste di dalam Module tersebut


Sub InternalPasswords()
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer
On Error Resume Next
For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126
ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then
If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then
If ActiveSheet.ProtectContents = False Then
Exit Sub
End If
End If
End If
Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next
End Sub

4. Selanjutnya klik Tools > Macros lalu tekan RUN
4 Cara Membuka Proteksi Microsoft Excel

simak juga : 4 Cara Menaikkan Penghasilan Adsense

Setelah itu tunggu beberapa saat agar proses selesai. Kemudian tekan lagi ALT + F11 untuk kembali ke sheet excel yang terproteksi tadi. Sekarang silahkan anda coba untuk menghapus atau menambahkan data. Jika anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, saya yakin sheet tersebut sudah tidak terproteksi lagi.

Semoga artikel diatas bisa menambah informasi bagi kita semua, jika ada yang belum jelas silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah disediakan. Saya akan berusaha menjawabnya sebatas pengetahuan yang saya punya. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya. Salam.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers