Sunday, June 5, 2016

Tampil Beda Dengan Template Responsive

blogspot responsive template
Salam sejahtera sobat laresawoo. Sebelumnya saya selaku admin di laresawoo meminta maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ketika berkunjung ke blog ini kurang lebih mulai 2 hari yang lalu. Dan juga bertepatan menjelang bulan ramadhan 2016 ini, saya juga minta maaf jika ada salah dalam penulisan artikel atau ada artikel yang tidak pantas pada blog ini. Semoga kita semua bisa melewati puasa satu bulan penuh (bagi yang menjalankan) tanpa ada bolong satupun. Dan bisa meraih kemenangan di hari nan fitri nantinya. Amin.

Sebenarnya masalah template yang terjadi pada blog ini sudah saya rasakan sudah lama. Namun saya berusaha mencari-cari kesalahan script yang ada ternyata tidak berhasil. Akhirnya saya terpaksa membiarkan ketidakwajaran tersebut sampai dengan 2 hari yang lalu. Ketidaknyamanan yang terjadi pada blog ini ada 2 macam yaitu loading lama dan tidak mobile friendly. Lalu saya iseng berkunjung ke juragancipir yang notabene sudah lama tidak membaca artikel-artikel menarik disana. Dan tidak sengaja saya menemukan artikel dan topik di forum juragancipir yang membahas dan memberikan informasi mengenai ganti template. Dari situlah akhirnya saya menetapkan hati untuk mengganti template blog ini agar menjadi lebih baik.
Berhubung saya tidak mempunyai simpanan template yang cocok dengan blog ini, maka sayapun berburu template blogger rensponsive di internet. Hasil dari perburuan tersebut saya mendapatkan total 5 template responsive yang bisa saya jadikan bahan untuk mengganti template blog ini. Namun saya harus berhati-hati dalam merencakan pergantian template tersebut agar nantinya blog ini tidak jelek dimata google atau mesin pencari. Dan persiapan tersebut antara lain sebagai berikut :

Cara Mengganti Template Blog

1. Siapkan beberapa jenis template yang dianggap cocok dengan tema blog,
2. Buat blog baru untuk percobaan (kalau belum ada),
3. Buat beberapa artikel dan label yang berbeda-beda,
4. Cobalah satu-persatu template yang sudah di download tersebut dan pilih salah satu,
5. Lalu buka file .xml menggunakan notepad atau microsoft front page (jangan lupa back up dulu),
6. Edit bagian-bagian template yang diperlukan, seperti :
  • Daftar menu bar
  • Meta tag
  • Warna
  • Blockquote
  • Font (jenis / besar kecilnya)
  • Dll (sesuaikan dengan kebutuhan anda)
7. Setelah semuanya dirasa pas, save template hasil editan tersebut,
8. Kemudian buka blog yang akan diganti templatenya,
9. Masuk bagian Template > Edit HTML,
10. Copy script dari template editan tadi,
11. Paste di bagian Edit HTML blog yang akan diganti,
12. Jangan lupa Preview dulu sebelum yakin untuk menyimpannya.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, insya Allah blog anda akan selalu baik dimata google maupun mesin pencari. Dalam artian, google atau mesin pencari tidak kebingungan untuk membaca script template baru blog anda.
Setelah semuanya berjalan dengan lancar, silahkan untuk memperbaiki iklan anda (jika ada), mulai dari tata letak maupun script iklan yang hilang karena ikut terhapus pada waktu pergantian script template yang baru tadi. Setelah itu silahkan cek menggunakan GTmetrix atau sejenisnya untuk mengetahui kecepatan loading maupun responsive template baru tersebut. Berhubung kasus yang ada pada blog ini adalah loading lama dan mobile friendly, maka saya hanya melakukan test menggunakan Mobile-Friendly Test dari google webmaster tool. Dan kedua masalah tersebut akhirnya bisa teratasi dengan template responsive ini.

Hmm....sudah hampir jam 00.00 WIB. Sudah saatnya saya undur diri dari dunia maya karena nanti harus bangun lebih pagi untuk santap sahur. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua, jika memang berguna silahkan untuk share dengan teman yang lain. Selamat mencoba.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers