Monday, March 13, 2017

User Hotspot Error Pada Usermanager

User Hotspot Error Pada UsermanagerUsermanager Mikrotik - Mungkin artikel ini tidak terlalu panjang, karena memang tidak butuh penjelasan panjang lebar agar bisa dipahami. Kali ini saya akan membahas tentang user hotspot tidak bisa dipakai pada usermanager mikrotik. Agar lebih jelas apa yang saya maksud, silahkan simak topologi jaringan dibawah ini !

  1. IP mikrotik saya pada awalnya 10.10.10.10
  2. Generate user hotspot menggunakan usermanager lebih dari 30 biji dan terpakai dengan lancar semuanya
  3. Kemudian saya ganti IP mikrotik menjadi 20.20.20.20 karena memang terjadi sesuatu hal dan harus menggantinya
  4. Generate voucher hotspot lagi dengan usermanager, hasilnya tidak bisa dipakai untuk masuk ke login hotspot
  5. Saya ganti konfigurasi pada mikrotik yang mengarah ke jaringan hotspot dan usermanager
  6. Generate voucher lagi, hasilnya tetap sama tidak bisa dipakai
simak juga : Cara Setting Bridge Mode Pada Mikrotik

Jika kita logika, setelah konfigurasi mikrotik yang menuju ke jaringan hotspot kita sesuaikan dengan IP mikrotik yang baru harusnya user hotspot yang saya buat pada usermanager bisa berjalan normal seperti sebelumnya. Namun dalam kenyataannya tidak demikian, entah itu memang kekurangan dari usermanager atau ada sebab yang lain, pada awalnya saya tidak tahu.

Mengatasi User Hotspot Tidak Bisa Login

Kemudian setelah tanya kesana kemari akhirnya saya menemukan suatu konfigurasi yang saya anggap patut untuk dicoba. Dan konfigurasi tersebut adalah sebagai berikut !
User Hotspot Error Pada Usermanager

Jika setelah ada penambahan 2 IP seperti pada gambar diatas user hotspot masih tetap tidak bisa digunakan, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menambahkan 2 IP seperti pada gambar diatas namun kali ini ditambahkan pada router pada bagian Radius. Lihat gambar dibawah ini !
User Hotspot Error Pada Usermanager

hot : Tutorial Simple Queue Mikrotik

Dan jika semua cara diatas user hotspot masih tidak bisa digunakan, silahkan coba membuat user hotspot baru menggunakan usermanager atau kemungkinan terburuknya harus routing ulang pada mikrotik anda.

Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi para penyedia layanan jasa internet berbasis hotspot voucher dan artikel ini benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi saya beberapa hari yang lalu. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya. Salam.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers