Wednesday, July 19, 2017

Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

Turorial Aplikasi Android Wifi FresnelWifi Fresnel APK - Mungkin ada sebagian sobat blogger yang saat ini mempunyai bisnis atau pekerjaan sebagai penyedia jasa layanan internet yang berbasis wireless kebingungan dalam menentukan dan menganalisa titik poin pendirian tower atau pipa repeater ? Jangan khawatir gan, ini ada aplikasi android yang sangat berguna banget dalam menganalisa kondisi lapangan pada saat kita akan menentukan lokasi titik pendirian pipa atau tower wireless. Sebelum saya memberikan tutorial cara menggunakan wifi fresnel, alangkah baiknya kita ulas sedikit tentang aplikasi ini.

APA ITU WIFI FRESNEL ?
Wifi ffresnel adalah sebuah aplikasi yang berbasis android untuk merencanakan titik lokasi pendirian tower atau pipa sebagai penerima atau penyebar sinyal wifi.

APA SAJA YANG BISA KITA LAKUKAN DENGAN WIFI FRESNEL ?
  1. Langsung bisa integrasi dengan Google Map
  2. Kita bisa melihat topografi sekaligus kalkulasi link dari poin A dan poin B
  3. Kita juga bisa melihat jara udara antara poin A dan B
  4. Kita bisa atur ketinggian tiang pada poin A dan B
  5. Frekuensi tersedia 2,4 dan 5,8
  6. Kita bisa menempatkan sekaligus menentukan tinggi obstacle atau penghalang antara poin A dan B
Sebenarnya ada website yang bisa digunakan atau fungsinya hampir sama dengan wifi fresnel tersebut, tapi dengan kemampuan smartphone saya rasa akan sangat berat untuk menggunakannya. Bagi yang ingin membaca artikel tentang website ini silahkan menuju tautan dibawah ini !

Baca juga : Tutorial Airlink UBNT

Cara Menggunakan Wifi Fresnel

1. Silahkan download aplikasinya di play store
2. Buka, dan tunggu beberapa saat sebelum masuk ke tampilan defaultnya
Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

3. Kemudian tekan SETTING untuk mengatur frekuensi, merubah tampilan map, ketinggian poin A dan B. Setelah semua sudah diatur tekan SEND
Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

4. Tentukan Point A (BTS) dengan menyentuh layar ponsel. Nanti akan muncul sebuah tanda warna merah, lalu tekan POINT A. Begitu pula dengan Point B, lakukan caranya seperti Point A.
Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

Simak yang ini : Mengatasi Interferensi Channel Wifi

5. Pada gambar diatas kita bisa melihat Titik A dan B sekaligus jarak antar kedua titik. Jika kita tidak mengetahui perkiraan tinggi halangan, ABAIKAN LANGKAH INI. Tetapi jika kita sudah mengetahui perkiraan tinggi halangan, maka silahkan sentuh garis hijau tersebut dan akan muncul sebuah tanda merah. Kemudian silahkan pilih model halangan (pohon/gedung) yang ada dikanan atas. Lalu tentukan tingginya.
Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

6. Sekarang saatnya kita melihat apakah jalur Titik A dan B benar-benar loss atau tidak. Caranya, sentuh ICON WIFI FRENSEL yang ada diantara Point A dan B pada bagian bawah.
Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

7. Dan hasilnya sebagai berikut
Turorial Aplikasi Android Wifi Fresnel

Dari gambar diatas bisa dipastikan bahwa jalur antara Poin A dan B tidak maksimal. Dan jika saya suruh memilih, lebih baik dibatalkan saja, mungkin saya berani jika jarak antar kedua titik tidak lebih dari 1 kilometer.

Namun sayangnya, aplikasi ini tidak dilengkapi dengan perhitungan kekuatan sinyal. Tapi paling tidak kita bisa cek lokasi sewaktu-waktu jika ada orang yang ingin berlangganan wireless kita dan kebetulan kita lagi asik ngopi diluar rumah.
Catatan ! "Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet"

Semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang masih bingung silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar yang sudah disediakan. Salam.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya