Tuesday, May 17, 2016

4 Tehnik Dasar Belajar Photoshop Untuk Pemula

Salam sejahtera sobat laresawoo. Siapa yang tidak kenal adobe photoshop, program editing photo yang sudah sangat terkenal di dunia. Bahkan mungkin menjadi satu-satunya program edit foto yang tidak ada matinya. Dan saya sendiri samai detik ini masih tetap setia dengan software yang satu ini untuk urusan edit-mengedit foto. Semua yang saya bisa di photoshop belajar secara otodidak dan berawal rasa penasaran yang ada di otak saya ingin mewujudkan sesuatu dengan bantuan photoshop. Tapi akhirnya saya sadar bahwa semua imajinasi yang ada dalam pikiran saya tersebut merupakan tehnik editing photo tingkat menengah ke atas. Dan mengabaikan dasar-dasar editing dalam photoshop. Padahal tehnik dasar untuk belajar photoshop ini benar-benar sangat dibutuhkan.

Tehnik Dasar Belajar Photoshop Untuk PemulaHampir setiap teman atau orang yang bertanya kepada saya tentang photoshop, rata-rata yang mereka tanyakan adalah sama yaitu bukan tehnik dasarnya melainkan sudah menuju ke tehnik menengah ke atas. Kadang-kadang saya juga merasa kasian dengan mereka, karena saya sudah mengalami bagaimana rasanya buta mengenai tehnik dasar editing photo dalam photoshop. Pertanyaan mereka rata-rata hampir sama yaitu tentang mengganti wajah dengan photoshop, mengganti background dengan photoshop sampai-sampai yang ada unsur negatifpun pernah ditanyakan.

Jadi menurut saya pribadi jika anda ingin mahir editing photo atau manipulasi photo menggunakan photoshop, maka anda wajib dan harus mengerti dan paham tehnik dasar dalam photoshop. Namun semuanya kembali pada pribadi masing-masing dan tujuan anda mempelajari photoshop. Disini saya hanya menulis apa yang saya alami dan rasakan selama bermain-main dengan adobe photoshop. Namun pada artikel ini saya akan membahas tentang tehnik dasar editing bukan pengenalan tools yang ada dalam photoshop. Jika anda menginginkan artikel tentang fungsi dari tools yang ada dalam photoshop, silahkan ikuti terus blog ini.

Tehnik Dasar Edit Photo Dengan Photoshop

1. Seleksi / Selection
Anda harus paham dalam menggunakan berbagai macam model tools selection, karena dalam edit photo saya yakin akan banyak sekali menggunakan seleksi. Entah itu seleksi otomatis atau secara manual. Dan tools untuk menyeleksi sendiri ada beberapa macam dan tehnik menggunakannya pun berbeda-beda meskipun fungsinya sama sebagai penyeleksi.

2. Memotong / Crop
Yakin dengan semua foto yang akan diedit areanya sudah pas ? Kalau belum yakin maka anda wajib mempelajari tehnik cropping atau memotong. Karena saya yakin hampir semua foto kalau akan dimanipulasi memerlukan pemotongan sana-sini agar cocok.
3. Menghapus / Erase
Kalau namanya sudah manipulasi atau edit foto maka tehnik menghapus benar-benar harus anda pahami. Saya yakin semua orang bisa melakukannya, tapi belum tentu memahami bagian-bagian erase tools yang ada dalam photoshop. Dan untuk memanipulasi sebuah foto diperlukan kesabaran tingkat dewa dalam hal menghapus.

4. Mewarnai / Paint
Untuk tehnik ini sangat berkaitan dengan poin 1 dan 3, karena hasil dari pewarnaan tergantung dari tehnik seleksi dan erase. Jika seleksi dan erase berantakan jelas hasil dari pewarnaan akan hancur.
Bagi saya ke empat poin diatas sangat penting untuk dipahami sebelum anda benar-benar mau terjun ke dalam dunia editing. Tetapi jika anda bermain-main dengan photoshop hanya sebatas have fun, maka abaikan saja poin-poin diatas. Dan poin diatas sifatnya fleksibel, artinya beda orang belum tentu sama pemikirannya seperti diatas.

Setuju atau tidak setuju dengan artikel ini, anda harus setuju. Karena artikel ini adalah analisa saya selama bermain dengan photoshop. Jadi jangan langsung percaya begitu saja dengan apa yang saya tulis. Bandingkan dan analisa, apakah memang betul poin diatas diperlukan. Selamat berkreasi, sampai jumpa pada artikel berikutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers