Wednesday, March 15, 2017

Tidak Bisa Ping Tapi Internet Jalan

Tidak Bisa Ping Tapi Internet JalanRequest Time Out Pada IP Client - Mungkin bagi mereka yang awam dengan dunia internet atau jaringan akan merasa kebingungan dengan istilah-istilah yang ada pada jaringan internet. Salah satunya yaitu Ping, istilah ping tidak hanya dipakai pada jaringan internet saja melainkan pada radar kapal selam juga terdapat istilah Ping tersebut. Pada dasarnya ping pada internet atau pada kapal selam adalah sama yaitu mendeteksi. Jika pada jaringan internet, istilah Ping digunakan untuk mendeteksi lancar atau tidaknya koneksi antar komputer, jaringan, wireless, client atau antar perangkat internet. Jika pada kapal selam, istilah ping digunakan untuk mendeteksi suatu benda yang berada pada radius radar kapal selam tersebut. Namun disini saya tidak akan membahas tentang kapal selam, pernah ketemu sama dia aja belum ^^

Sebenarnya artikel ini merupakan salah satu pengalaman pribadi saya sendiri beberapa waktu yang lalu. Saat itu entah otak saya yang lagi sibuk atau memang saya yang lupa. Yang jelas setelah saya utak-atik router Rb750 tiba-tiba ada beberapa perangkat client yang tidak bisa saya ping maupun saya panggil. Menurut logika saya jika suatu jaringan atau perangkat internet tidak bisa di ping alias RTO (Request Time Out) maka jaringan atau perangkat tersebut tidak akan menerima atau tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Tapi pada kasus ini malah sebaliknya, jadi jika saya coba ping ke salah satu client menggunakan CMD (command prompt) maka hasilnya seperti gambar berikut !
Tidak Bisa Ping Tapi Internet Jalan

jangan lupa : User Hotspot Error Pada Usermanager

Namun jika saya ping lewat router (rb750) maka hasilnya seperti gambar berikut !
Tidak Bisa Ping Tapi Internet Jalan


Dan jika saya lihat pada masing-masing IP dari client yang tidak bisa saya ping lewat CMD, hasilnya bandwith tetap jalan. Artinya mereka tetap bisa mengakses internet meskipun dari komputer saya (cek lewat cmd) terlihat mati. Sebenarnya hal ini tidak mengganggu aktivitas mereka dalam berselanjar di dunia maya, akan tetapi sangat memusingkan bagi saya. Karena yang sebelumnya sangat enak menggunakan CMD untuk mengontrol perangkat-perangkat yang ada pada client serta meremotenya, sekarang saya harus buka winbox terlebih dulu agar bisa ping ke IP client-client tersebut dan parahnya saya tidak bisa masuk ke interface perangkat-perangkat mereka.

awas : Cara Setting Bullet 2 Sebagai Penerima

Setelah browsing kesana-kemari hasilnya 0 (nol), yang ada malah artikel tentang kebalikannya. Akhirnya mau tidak mau saya harus membuka dan cek satu-satu menu pada winbox, tau sendiri berapa banyak menu yang ada didalamnya. Tapi alhamdulillah apa yang saya lakukan tersebut membuahkan hasil. Dan berikut ini solusinya !

Mengatasi Request Time Out Tapi Bisa Akses Internet

1. Buka dan login ke winbox
2. Masuk ke settingan Firewall (ip > firewall)
3. Klik pada tab ke dua yaitu NAT dan lihat settingan yang ada disitu.
4. Jika ada MASQUERADE yang pada kolom Src. Address menunjukkan IP NETWORK anda dan ter-DISABLE, maka silahkan di ENABLE.
5. Jika belum ada MASQUERADE dari IP NETWORK anda maka silahkan buat dengan isian sebagai berikut :
Chain : srcnat; Src. Address : 1.1.1.0/24 (IP Network anda); Action : Masqerade
Tidak Bisa Ping Tapi Internet Jalan

Jika sebelumnya Routing anda sudah benar, maka insya Allah ping lewat CMD ke semua IP Client anda akan kembali seperti sediakala. 
Bagaimana sobat blogger ? pusing kan ? ..... sama..... saya juga pusing ..... yang jelas ya seperti itulah solusinya. He-he-he. Dah gitu aja, kalau masih ada yang bingung silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar yang sudah disediakan. Sampai jumpa pada artikel muenarik selanjutnya. Salam
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. oh iya kak , halnya sama dengan saya
    jadi request time out tapi internet jalan lancar ,nah yg saya binggungkan kenapa kalau main game terputus tidak stabil padahal kcepatannya 20mbps

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah game putus tidak ada hubungannya dengan rto tp bisa internet (menurut saya)

      Untuk game, indikasi putus nyambung bisa disebabkan banyak faktor...
      mungkin dari pihak gamenya backbone kurang memadai, atau juga spec pc yang kurang, bisa juga DNS yang tidak pas.

      CMIIW

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya