Tuesday, June 2, 2015

Membuat Tombol Reply Pada Artikel Blog

Tombol balas atau reply - Biasanya kejadian seperti ini berawal dari mengganti template blog kita. Dan saya juga baru tahu akan hal ini, karena dalam benak saya semua template (bukan default) pasti ada tombol reply atau balas pada komentar-komentar yang ada dalam artikel. Namun kenyataannya tidak, karena template blog ini mengalaminya.

Blog ini tergolong masih baru dan belum banyak pengunjung, tapi malam ini ketika saya buka dashboard ternyata ada komentar yang minta disetujui. Sayapun menyetujuinya untuk di publish karena tidak melanggar aturan dalam blog ini. Untuk beberapa saat saya sempat bengong dan mencari kesana-kemari sampek-sampek di kolong meja untuk menemukan tombol balas atau reply., eh ternyata template blog ini memang tidak ada tombol balas atau reply. Karena sebagai tuan rumah, sebaiknya kita memberikan apresiasi kepada tamu-tamu yang berkomentar asal tidak menyalahi aturan yang ditetapkan.

Dan ternyata tombol balas atau reply tersebut memang tidak ada dalam template ini. Akhirnya saya bertanya kepada mbah saya yaitu mbah google, dan menemukan beberapa cara untuk menampilkan tombol reply. Tapi saya hanya mengambil satu yang menurut saya scriptnya simple dan tidak ribet. Lalu saya memutuskan untuk memakai script dari juragancipir.com. Namun disana ada beberapa petunjuk pemasangan yang mungkin salah dalam penulisan atau memang script template blog saya yang berbeda. 

Setelah mencari beberapa referensi tentang petunjuk penggunaan script membuat tombol balas atau reply, akhirnya saya berhasil memasang script tersebut dan hasilnya sangat memuaskan. Sebenarnya tidak ada masalah kalau blog anda tidak ada tombol reply atau balas pada kolom komentar karena kita tetap bisa membalas komentar-komentar dari para pengunjung. Tapi jika anda ingin membuat tombol balas atau reply juga tidak masalah. Menurut saya malah lebih bagus dan nyaman untuk dilihat. Dan langkah-langkahnya ada dibawah ini !
Membuat Atau Memunculkan Tombol Reply Pada Artikel Blog

Memunculkan Tombol Reply Atau Balas Komentar Blog

1. Masuk ke akun blog anda
2. Pilih Template lalu klik Edit HTML
3. Cari kode berikut dengan menggunakan CTRL+F agar lebih mudah
<b:include data='post' name='comments'/> atau <b:include data='post' name='threaded_comments'/>
4. Jika kode diatas ada 2 atau lebih, silahkan coba satu-satu.
5. Lalu ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini
<!-- HTTP://LARESAWOO.BLOGSPOT.COM SCRIPT REPLY COMMENTS START -->
<b:include data='post' name='threaded_comments'/> <b:else/> <b:include data='post' name='comments'/> </b:if>
<!-- HTTP://LARESAWOO.BLOGSPOT.COM SCRIPT REPLY COMMENTS END -->
6. Save template anda. Jika masih belum ada tombol balas atau reply, silahkan kembali pada point 4 diatas.

Nah, selesai..... sekarang setiap komentar yang ada di artikel blog anda sudah ada tombol balas atau replynya. Jika anda masih belum berhasil, silahkan berkomentar di kolom yang sudah disediakan dibawah. Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat kita semua. Selamat mencoba.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers