Tuesday, June 2, 2015

Mitos Makan Sambil Tiduran

Makan sambil tiduran - Teringat masa kecil saya dulu yang masih lugu dan polos. Orang tua kita pasti tidak akan mengajari atau mendidik anak-anaknya dengan sesuatu yang tidak baik. Bahkan seorang preman atau penjahat tidak akan menyuruh anak cucunya mengikuti jejaknya. Saya yakin mereka menginginkan anak cucunya dapat hidup yang lebih baik. Begitu juga dengan orang tua saya, mereka berharap anak-anaknya bisa lebih baik dari mereka dari segi apapun.

Dan salah satu pendidikan yang saya dan teman-teman saya waktu kecil rasakan yaitu tentang cara makan. Maklum anak kecil, masih belum tahu apa-apa. Melakukan apapun pasti seenaknya saja. Tidak berpikir panjang dan belum mengerti atau paham resiko yang akan diterima atas perbuatannya. Saya ambil contoh satu saja yaitu cara makan. Sesuai dengan judul artikel ini mitos makan sambil tiduran. 
Mitos Makan Sambil Tiduran Bisa Jadi Ular

Mitos Makan Sambil Tiduran Bisa Jadi Ular

Dulu saya dan teman-teman sewaktu kecil sering membeli makanan kecil seperti kwaci, chiki dan lain-lain. Lalu kami rame-rame makan entah itu diluar ruangan atau di dalam ruangan dengan sambil tiduran. Ketika orang tua saya melihat kami makan dengan posisi seperti itu, mereka sering bilang "awas, makan sambil tiduran bisa jadi ular". Dan kata-kata itu sering kami dengar tidak hanya dari orang tua saya saja, namun orang tua teman-teman sayapun sering berkata seperti itu ketika saya main ke rumah mereka dan melakukan cara makan sambil tiduran.

Berhubung kami masih anak kecil, ketika mendengar kata-kata itu dengan spontan mengganti posisi makan dari tiduran menjadi duduk. Karena memang benar-benar takut kalau kata-kata itu menjadi kenyataan. Namun tidak sedikit dari teman-teman saya waktu itu yang mengacuhkan kata-kata tersebut. 

Akhirnya setelah saya menginjak dewasa baru mengerti maksud dan tujuan orang tua saya bilang seperti itu. Jika dilihat dari segi kesehatan, makan sambil tiduran memang dapat mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kita. Karena makan sambil tiduran bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan dapat mengakibatkan muntah. Dan jika dilihat dari segi kesopanan, makan sambil tiduran memang tidak sopan apalagi dirumah orang lain. 

Tapi saya juga masih sering bilang begitu kepada keponakan-keponakan saya yang makan sambil tiduran. Dan merekapun juga takut lalu segera bangkit lalu makan sambil duduk. Sebenarnya saya hanya iseng bilang seperti itu kepada mereka, eh ternyata ditanggapi dengan serius. Maklum masih anak kecil. He-he-he

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil secara pribadi adalah makan sambil tiduran bisa berubah jadi ular itu hanya mitos belaka. Mungkin memang seperti itu cara mendidik para orang tua pada jaman dulu agar mudah dipahami oleh anak-anak mereka. 

Semoga sedikit cerita diatas bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anda yang tidak pernah mendengar kata-kata makan sambil tiduran bisa jadi ular pada masa sekarang ini. Jika ada yang ingin berdiskusi tentang mitos ini silahkan berkomentar pada tempat yang sudah disediakan. Sampai jumpa pada artikel-artikel tentang mitos selanjutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. makan paling enak memang sambil duduk ya mas, kalau sambil tiduran dan berdiri, rasanya kurang nikmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak @Wahyu ....
      pling top memang sambil duduk, apalagi duduknya ber duaan sama si dia hehehehe....
      Makasih sudah tersesat disini mbak....

      Delete
  2. emang kalau sambil tiduran bisa-bisa tersedak mas,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. . . ga takut jadi ular naga mas #Isrofi ? hehehehe

      teima kasih kunjungannya

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers