Friday, November 11, 2016

Usaha Warnet Yang Semakin Lesu

Usaha Warnet Yang Semakin Lesu
Bisnis warnet yang lesu - Memang hal ini tidak terjadi pada semua orang yang saat ini bergelut dalam dunia bisnis warnet. Tapi saya yakin pasti ada yang merasakan hal ini di daerah-daerah tertentu. Memang pada awalnya bisnis warnet sangat menggiurkan, namun setelah hampir semua pihak GSM/CDMA membuat terobosan-terobosan baru seperti memberikan fasilitas 3G atau bahkan 4G dan pembangunan tower-tower GSM di daerah-daerah terpencil maka saya pribadi merasakan dampak tersebut. Disamping itu promo paket internet yang diberikan oleh pihak GSM/CDMA sangat murah meskipun masih menerapkan sistem kuota. Apalagi jika usaha warnet kita jauh dari akses sekolah atau instansi-instansi pemerintah, bisa saya pastikan akan sangat terasa sekali dampaknya. Karena hampir 100% pemasukan berasal dari orang yang datang untuk menggunakan fasilitas internet yang kita sediakan. Berbeda dengan warnet yang masih berada di lingkup sekolah atau perkantoran, pemasukan yang mereka dapatkan tidak hanya dari warnet saja melainkan masih ada pelajar-pelajar yang print out tugas atau pengetikan makalah. Meskipun begitu tetap saja pengaruh dari terobosan-terobosan pihak GSM/CDMA masih terasa. Bahkan di daerah saya, pemasukan yang saya rasakan dari usaha warnet bisa turun sampai 50%.
Padahal di daerah saya hanya ada satu warnet, tapi efek dari jaringan GSM/CDMA benar-benar luar biasa. Dan memang di warnet saya tidak tersedia fasilitas game online. Bukan saya tidak mau menyediakan layanan tersebut, tetapi karena di daerah saya memang benar-benar tidak ada sama sekali komunitas gae onlinenya. Jadi meskipun saya memberikan fasilitas game online, pada akhirnya hanya buang-buang space hardisk karena tidak ada yang main.

Bisnis Warnet Mulai Tidak Menjanjikan

Jadi jika sobat laresawoo yang saat ini mengalami hal yang serupa dengan saya, alangkah baiknya segera mencari solusi yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari usaha warnet. Dan bagi sobat blogger yang saat ini baru mau merintis usaha warnet, pengalaman saya ini bisa dijadikan referensi kedepannya. Paling tidak kita bisa jaga-jaga jika nantinya mengalami kasus yang sama dengan saya. Dan untuk membuka usaha warnet, pesan saya pribadi adalah.....

1. Pahami karakter atau SDM masyarakat di daerah anda
2. Lihatlah seberapa kuat jaringan GSM/CDMA di daerah anda
3. Lihatlah ada berapa kompetitor di daerah anda
4. Carilah tempat yang strategis (dekat sekolah atau instansi pemerintah)
5. Dan yang terakhir adalah "SIAPKAN BUDGED" anda
Bagi saya, kelima point di atas untuk saat ini sangat penting dalam merintis usaha warnet.  Karena dengan begitu kita bisa memprediksi berapa lama usaha ini akan bertahan. Kalau memang terpaksa, kita bisa menghilangkan 1 point dari 5 point di atas dengan catatan point ke 5 tidak bisa dirubah.

Semoga artikel pendek ini bisa memberikan manfaat buat kita semua khususnya bagi sobat laresawoo yang saat ini sudah atau baru mau mendirikan usaha warnet. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers