Sunday, October 30, 2016

Cara Mengurangi Memory Usage Mozilla Firefox | EXTREME

Cara Mengurangi Memory Usage Mozilla Firefox | EXTREMESalam sejahtera sobat laresawoo. Bagi para pengguna internet khususnya yang memakai komputer atau laptop, hampir bisa dipastikan semuanya pernah atau bahkan sampai saat ini masih mempercayakan browser utama mereka adalah mozilla firefox. Namun tidak sedikit yang mulai meninggalkan browser firefox dengan alasan yang bermacam-macam. Tapi pada kesempatan ini saya hanya membahas tentang browser firefox yang notabene masih menjadi browser andalan saya. Mungkin diantara pembaca sekalian pernah mengalami browser firefox tiba-tiba terasa berat alias loading lama. Bagi yang masih baru mengenal internet atau komputer pasti langsung memvonis bahwa komputer atau laptop mereka yang tidak beres, padahal belum tentu. Karena akhir-akhir ini saya merasakan memang mozilla firefox sangat menguras tenaga pada komputer. Hal ini bisa dilihat dari memory usage yang tertulis pada task manager bagian firefox sangatlah besar, bisa sampai tembus 6 angka. Dan jika hal itu terjadi, dapat dipastikan kinerja komputer atau laptop akan menjadi berat karena memory usage dari firefox sangatlah besar. Untuk mengurangi memory usage pada firefox tersebut ada beberapa cara, yaitu :

Tips Menurunkan Memory Usage Mozilla Firefox


Kali ini saya hanya memberikan 2 cara saja, karena saya yakin masih banyak cara-cara yang lain jika sobat laresawoo mau menelusurinya dan 2 cara ini menurut saya yang paling mudah dan bisa memberikan efek yang signifikan. Simak kedua cara tersebut dibawah ini !

Mozilla Firefox Portable
Dari mulai saya mengenal komputer dan internet, saya selalu menggunakan browser firefox full installer. Baik itu Online Installer maupun Offline Installer. Jika sobat laresawoo saat ini menggunakan firefox dengan sistem full installer, maka tidak ada salahnya jika menggantinya dengan yang portable. Karena mozilla firefox portable lebih kecil menggunakan memory usage, kurang lebih setengah dari mozilla yang full installer. Silahkan sobat blogger mencari sendiri yang portable tersebut, karena sangat mudah ditemukan.

Software Firemin
Kalau yang ini berbeda dengan cara pertama, karena kita harus menggunakan software tambahan untuk bisa mengurangi memory usage pada firefox. Tapi jangan khawatir, software ini sangat amat ringan. Dan software ini sudah berbentuk portable, jadi kita tidak perlu menginstalnya. Yang kita lakukan hanyalah mengekstraknya kemudian melakukan eksekusi pada programnya dan ditambah sedikit setting pada interfacenya. Jika pada cara pertama (memakai firefox portable) bisa menurunkan memory usage kurang lebih setengah. Kalau memakai firemin, memory usage dari firefox terpangkas kira-kira sampai 10%. Bisa kita bayangkan jika kita memakai firefox full installer memory usage mencapai 600.000K, kalau kita memasang firemin bisa turun menjadi 13.000K. Untuk mendapatkan firemin saya sengaja memberikan link downloadnya dibawah ini !
https://tusfiles.net/fhp3ef4dc7li
Untuk membuktikan kinerja firemin, dibawah ini saya sudah saya sertakan screen shoot memory usage sebelum dan sesudah mengaktifkan software ini.
Cara Mengurangi Memory Usage Mozilla Firefox | EXTREME

baca juga : Cara Ampuh Menghilangkan Notifikasi Windows Genuine

Untuk cara setting firemin sendiri sangat gampang, setelah sobat blogger membuka program tersebut jangan kaget karena program tidak muncul. Karena program tersebut otomatis langsung masuk ke icon tray yang berada di kanan bawah. Lalu klik kanan icon tersebut dan pilih option, kemudian samakan dengan setingan saya dibawah ini atau bisa juga sobat seting sendiri sesuai selera.
Cara Mengurangi Memory Usage Mozilla Firefox | EXTREME

Untuk mendapatkan hasil seperti diatas, kita harus membuka firefox lewat firemin ini. Caranya yaitu klik kanan icon tersebut lalu pilih open firefox. Dan silahkan menikmati browser firefox yang super ringan dan cepat.

jangan lewatkan : Cara Ampuh Mengatasi Virus Hidden

Mungkin hanya ini yang bisa saya tulis mengenai kinerja firefox, semoga bisa memberikan manfaat buat kita semua. Jika ada yang masih bingung dengan penggunaannya, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar yang sudah disediakan. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers