Monday, June 19, 2017

Cara Mengatasi Interferensi Channel Wireless

Cara Mengatasi Interferensi Channel WirelessInterferensi Channel Wifi - Salam sejahtera sobat laresawoo. Lama sekali saya tidak corat-coret di blog ini, maklum masih disibukkan oleh pekerjaan di dunia nyata. Langsung saja ya, pada artikel ini saya akan berbagi tips atau cara untuk mengatasi atau menghindari interferensi yang terjadi pada sinyal wireless. Sekedar mengingatkan saja, interferensi adalah gangguan yang terjadi pada sinyal wifi yang disebabkan oleh channel dari sebuah perangkat Access Point yang berdekatan. Pada daerah yang masih minim jaringan wireless, interferensi bisa dipastikan hampir tidak ada. Namun bagi penyedia jasa internet wireless, jangan senang dulu dengan keadaan seperti ini. Karena kemungkinan munculnya kompetitor-kompetitor lain masih bisa terjadi. Artinya kita harus siap-siap mengalami yang namanya interferensi.

Sebagai contoh saya sendiri, beberapa waktu yang lalu saya dibuat kalang kabut dengan kualitas jaringan internet saya. Pasalnya, hampir setiap hari ping atau latency dari pusat ke client hancur lebur. Nilai ping bisa mencapai ribuan, 4 angka deh pokoknya. Padahal sebelumnya tidak ada masalah sama sekali meskipun 2 radio AP saya menempati channel yang berdekatan yaitu channel 10 dan 13. Berbagai analisa mulai saya lakukan, mengingat di daerah saya mulai banyak bermunculan SSID kompetitor yang menempati channel suka-suka dia. Hampir setengah bulan saya baru memastikan bahwa gangguan ini disebabkan oleh interferensi, entah itu interferensi antar perangkat sendiri atau bisa juga interferensi dari perangkat kompetitor.

baca juga : bisa akses internet tetapi tidak bisa ping

Kemudian saya mulai menyusun beberapa rencana untuk lepas dari jalur interferensi tersebut. Rencana A adalah mengganti channel antara 1 - 13 (channel standart), namun hasilnya tidak memuaskan meskipun bisa saya pastikan interferensi dari perangkat sendiri sudah tidak ada. Rencana B akhirnya harus saya lakukan, yaitu menggunakan channel diatas 13 atau biasa disebut dengan Channel Setan oleh beberapa orang. Dan alhamdulillah masalah latency besar sudah tidak terjadi lagi. Dibawah ini sedikit penjelasan bergambar tentang interferensi.
Cara Mengatasi Interferensi Channel Wireless
Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa, jarak antar ke dua access point paling tidak 5 channel agar benar-benar bebas dari interferensi. 

Cara Mengatasi Interferensi Sinyal Wifi

Kesimpulan yang saya ambil dalam mengatasi interferensi adalah :
  • Jika pada channel 1-13 sudah ditempati oleh access point, maka cari 1 channel yang paling sedikit penggunanya. 
  • Ganti perangkat yang berbeda frekuensi (2,4 atau 5,8)
  • Ganti perangkat dengan yang lebih bagus dari kompetitor
  • Menggunakan Channel Setan
simak juga : user hotspot error pada usermanager

Kebetulan Access Point saya dan semua client menggunakan perangkat besutan ubiquity. Namun tidak semua perangkat produk ubiquity mempunyai atau bisa menangkap/menyebar channel setan, istilah channel setan tidak lain adalah country di atur pada Compliance Test. Untuk produk ubiquity keluaran lama, compliance test masih bisa dinikmati dan untuk produk baru fitur ini sudah tidak ada lagi. Jadi kita harus mengakalinya agar compliance test bisa muncul pada pilihan country. Untuk pembahasan masalah compliance test, saya akan tulis pada artikel berikutnya.

Sampai disini dulu corat-coret saya tentang pengalaman pribadi yang tidak enak ini beserta solusinya. Jika ada yang masih bingung silahkan tulis pertanyaan pada kotak komentar yang sudah disediakan. Salam.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers